TERKINI

Disdik Bangkalan Akan Laksanakan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Tanggal 6 September

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron saat mendengarkan paparan dari Kadisdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap Muka (PTM) pada tanggal 6 September. namun sebelum dilakukan uji coba tersebut, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron meminta Disdik untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada wali murid. “Pada Prinsipnya kita setuju uji coba PTM ini, namun perlu sosialisasi terlebih dahulu terutama Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri itu,” jelas Ra Latif sapaan akrabya Bupati Bangkalan usai memimpin Rakor Persiapan pelaksanaan PKM diruang rapat pendopo agung Bangkalan, Jum,at (27/08/2021).

Sosialisasi PTM ini supaya dilakukan agar wali murid tahu  persyaratan dan tehnik tentang pembelajaran tatap muka. “Jadi wali murid harus betul  mengetahui, meskipun vaksin bukan menjadi sarat yang utama dalam PTM ini, namun ada himbauan dari pak Menteri semua murid khususnya usia 12 tahun keatas di vaksin, tapi untuk guru dan pegawai di  sekolah wajib di vaksin,” jelasnya.  . 

Dijelaskan Ra Latif, kegiatan PTM ini  akan di uji coba dulu, dengan 50 persen kapasitas ruang yang ada. “50 persen yang boleh masuk kelas, 50 persen bisa daring, dan PTM  ini harus seijin wali murid, tanpa seijin wali murid atau ada wali yang tidak mengijikan tatap muka, maka  akan diberlakukan secara daring,” terangnya.

Terkait apakah PTM ini akan dilakukan secara serentak atau sebagian daerah saja, hal itu tergantung kepada hasil sosialisasi yang dilakukan oleh Disdik. “Kita sosialisasikan dulu bagaimana respon dari wali murid, karena sebagian besar  wali murid memang menginginkan pembelajaran tatap muka, namun semua semua itu kita tunggu hasil sosialisasikan dulu baru nanti kita kembalikan ke daerah masing masing, ini sifatnya kehati-hatian kita jangan sampai ada kluster sekolah yang menjadi episindrom covid-19 kemudian nanti jadi viral,” katanya.

Sementara itu, Kadisdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi sebelum PTM diberlakukan. “Ya kenapa kita pilih tanggal 6 September pelaksanaan uji coba PTM, karena biar ada waktu untuk sosialisasi,” kata Bambang.

Meskipun semua sekolah di kabupaten Bangkalan 100 persen sudah siap melaksanakan PTM, namun sesuai dengan permintaan Bupati Bangkalan, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. “Semua sekolah siap 100 persen karena anggaran BOS digunakan untuk persiapan PTM  ini,” pungkasnya. (min/shb)