HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dishub Kabupaten Bangkalan Lakukan Pemantapan Dan Penertiban Parkir Berlangganan di Daerah Pertokoan Pecinan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Setelah selama 6 bulan di berlakukan, Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bangkalan  melakukan pemantapan dan penertiban parkir Berlangganan di kawasan Pertokoan jalan Panglima Sudirman Pecianan Bangkalan. Pemantaban dan Penertiban dilakukan bersama elemen masyarakat antara lain ; ketua paguyuban Jukir, ketua paguyuban PKL,  aparat kepolisian, Kodim 0829/Bangkalan dan  Satpol PP.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan, Moawi Arifin, S.STP,. MM, mengatakan, penertiban area bahu jalan di kawasan padat lalu lintas ini dilakukan untuk penataan agar tertib dan tidak terjadi kemacetan serta pemantapan khususnya parkir berlangganan. “Tujuan dari kegiatan ini agar tidak ada parkir liar, parkir tidak lagi memakan bahu jalan yang membuat kemacetan di kawasan padat lalu lintas di Pecinna ini,” kata Moawi sapaan akrabnya Kdishub Bangkalan disela-sela acar penertiban, Senin (20/12/2021).

Dikatakan dia, pemantapan parkir berlangganan ini sesuai dengan agenda Dishub pada  tahun 2022 “Memang ada beberapa sebagian kecil masukan dari masyarakat, temen temen LSM  berkaitan penertiban dan penataan kembali berkaitan dengan pelayanan perparkiran khususnya di tepi jalan umum,” jelas Moawi.

Dijelaskan Moawi  pemantaban dan penertiban parker belangganan sebagaj mengambil titik di kawasan pecinan,  karena kawasan itu merupakan area padat lalu lintas, yang harus di tata kembali serta dilakukan penertiban agar terciptanya kawasan yang tertib dari segi lalu lintas dan kawasan parkir tepi jalan. “Kita ingin menata secara bersama-sama tentang bagaimana pengunaan yang sudah di muat dan di tuangkan dalam teritorial, aspek pendukung dalam penerapan penertiban kawasan tertib lalu lintas salah satunya manajemen perparkiran dalam penggunaan bahu jalan, dan penataan ruas bilik jalan yang ada di kawasan pecinan kita ingin ada komunikasi yang intens dari beberapa komponen,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Juru Parkir (PJR) di Bangkalan, Haji Misde mengatakan, terkait pendataan kembali khusus parkir berlangganan juga sebagai bentuk penertiban di kawasan parkir di daerah pecinan ini, hal tersebut untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat bangkalan tentunya di kawasan pecinan. “Kami mengucapkan terimakasi kepada pemerintah kabupaten bangkalan, terutama instansi terkait yakni Dishub mempunyai kearifan dan bijak untuk mendata kembali menertibkan kota bangkalan, dan juga menyatukan silaturahmi bersama sama dengan seluruh instansi, memastikan Sekarang ini penertiban dan kerapian bertujuan agar ciptanya kenyamanan untuk masyarakat bangkalan,” tuturnya.

hal senada juga diungkapkan oleh Sekjen PJR,  Umay. menurut dia  terkait pembayaran gaji untuk juru parkir hal itu akan berkordinasi bersama pihak Dishub, sedangkan  untuk pembenahan dari segi aspek parkir, ini adalah bentuk gebrakan awal untuk bersama sama penataan kembali tentang kebijakan parkir berlangganan dan langkah langkah kedepan yang harus di lakukan kedepan. “Itu nanti melakukan kordinasi persoalan gaji, saat ini kita melakukan pembenahan dari aspek parkir yang terlebih dahulu, ini gebrakan awal bersama-sama dishub melakukan kajian penataan kembali tentang adanya suatu kebijakan parkir berlangganan ini, kedepannya kita akan kordinasi dalam langkah langkah apa yang akan kita lakukan, agar kebijakan ini benar benar tertata, baik dari teknisnya dan lain sebagainya,”Jelasnya

Terkait penataan PKL di kota Bangkalan, Ketua Persatuan PKL Kota Bangkalan, Muhlis mengatakan, bahwa Dia mendukung program pemerintah Bangkalan agar tercipta  kemajuan di kabupaten Bangkalan,  untuk membentuk konsep penataan di kawasan Pecinan agar lebih rapi dan tertata lebih baik.

“Secara garis besar, kita tetap mendukung program pemerintah untuk kemajuan bangkalan, kami dari persatuan PKL kabupaten Bangkalan Siap membuka ruang dialog, siap duduk bersama temen-temen Dishub, temen satpol pp, temen juru parkir untuk mencari titik temu bagaimana bangkalan kedepan lebih tertib, lebih indah dan lebih maju, saya memberikan apresiasi yang positif yg sudah membuka ruang dialog  ruang diskusi malah ada agenda duduk bareng, konsep penataan pecinan yang lebih rapi dari sisi parkir dan maupun temen-temen PKL karena PKL ini penggerak ekonomi di wilayah pecinan,”pungkas Muhlis. (sdi/shb)