HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

DLH Bangkalan Terus Lakukan Perluasan RTH

Kabid Tata Lingkungan DLH Bangkalan, Eko Mariyanto

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan terus melakukan perluasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Sebab sampai saat ini luasan RTH di kota Bangkalan masih kurang 10 persen. “Sesuai dengan UU No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, luas RTH 30 persen dari luas perkotaan, dan RTH kita masih 20 persen, masih kurang 10 persen,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto melalui Kabid Tata Lingkungan, Eko Mariyanto, Ahad (24/07/2022).

Oleh sebab itu kata Eko sapaan akrabnya Kabid Tata Lingkungan DLH kabupaten Bangkalan saat ini DLH terus melakukan upaya penambahan luas RTH dengan pembangunan Taman. “Tahun ini ada 2 taman yang kita bangun yaitu taman di Bancaran dan di Burneh, ” jelasnya.

Dijelaskan Eko untuk menambah luas RTH pihaknya masih menemui kendala. “Lahan untuk RTH ini harus  lahan milik pemerintah,  kami  saat ini terkendala dengan lahan sementara  pemerintah berkewajiban menyediakan lahan untuk RTH, ” terangnya.

Kedepan imbuh Eko, untuk memenuhi luasan RTH sebesar 30 persen sesuai dengan undang undang, maka lahan lahan yang milik pemkab akan diupayakan untuk di jadikan RTH. “Sampai saat ini kita terus melakukan upaya upaya untuk memenuhi luasan RTH, ” tuturnya.

Ditambahkan Eko, selain pemerintah, pihak swasta juga menyediakan RTH. “Kalau pemerintah 30 persen, sementara untuk luasan RTH privat itu 20
, ini biasanya dipenuhi oleh  taman taman yang ada di perusahaan, ” katanya.

Kabid Tata Lingkungan mengharapkan kekurangan luasan RTH di kabupaten Bangkalan bisa terpenuhi. “Saya harap kedepan kekurangan luas RTH ini bisa terpenuhi, ” pungkasnya. (mjn/shb)