HEADLINEHUKUM & KRIMINALTERKINI

Dua Hari Operasi Patuh Semeru 2023 Digelar Puluhan Pelanggar Terjaring

KBO Lantas Polres Bangkalan, IPTU Pariadi

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Sejak tanggal 10 Juli 2023, Jajaran Satlantas Polres Bangkalan menggelar operasi Patuh Semeru 2023. Selama 2 hari digelar sudah puluhan pelanggar terjaring dalam operasi tersebut. “Hasil penindakan dan pelanggaran selama 2 hari pelaksanaan operasi patuh Semeru 2023 ada 43 pelangggar, ” kata Kasatlantas Bangkalan AKP Anindita Harcahyaningdyah , S.I.K. melalui  KBO Lantas IPTU Pariadi, SH, Rabu (12/07/2023)

Dikatakan dia, jenis pelanggaran ke 43 pelanggar itu  terdiri dari Tilang 27,
Tidak memakai  helm baik yang di depan maupun yang dibelakang 27, melawan arus 10, Pengendara dibawah umur 5 dan Safety belt atau sabuk pengaman 1. “Pada hari Senin 20 pelanggar dan hari Selasa 23 pelanggar, R2 sebanyak 42  dan R-1, 1 pelanggar, ” jelas Pariadi sapaan aktabnya KBO Lantas Polres Bangkalan ini.

Dijelaskan Pariadi, selain tilang manual, dalam operasi Patuh Semeru 2023 ini juga diterapkan Etle atau tilang eletronik. “Incar atau Etle tetap kita utamakan, ” terang Mantan BAUR SiM Satpas Polres Bangkalan.

Ditambahkan Pariadi, ada 8 sasaran prioritas dalam pelaksanaan operasi keselamatan semeru 2023. Ke  8 sasaran peioritas itu antara lain: tidak menggunakan helm SNI, melebihi batas kecepatan, menggunakan Handphone saat berkendara, Pengendara di bawah umur, tidak menggunakan safety  belt, mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk, melawan arus, kendaraan overload dan over Dimensions (ODOL).

KBO Lantas Polres Bangkalan mengharapkan adanya operasi Patuh Semeru 2023 ini bisa membuat masyarakat semakin tertib berlalu lintas. “Harapan kami dengan adanya operasi patuh  Semeru inj masyrakat lebih displin dan patuh terhadap peraturan lalu lintas, sehingga tercipta  Kamseltibcar serta bisa mengurangi angka kecelakaan, ” pungkasnya. (min/shb)