HEADLINEPERISTIWATERKINI

Harga Cabe Terus Melonjak Naik, Tembus Angka Rp 100 Ribu/Kg

Pedagang cabe

Bangkalan,maduranewsmedia.com– sudah 2 minggu terakhir ini harga cabe di pasar tradisional di kabupaten Bangkalan terus melonjak naik. Saat harga cabe di pasar KI Lemah Duwur Bangkalan menembus harga Rp 100 ribu/Kg. “Kenaikan harga cabe sudah dua minggu dari sekarang, kita kulakan Rp  80 ribu/kg, kita jual dengan harga Rp 100 ribu/kg,” kata salah seorang pedagang sembako di Pasar KI Lemah Duwur Bangkalan, Nemah Selasa (21/11/2023).

Dikatakan dia, ada 4 jenis komoditas yang mengalami kenaikan. “Komoditas  yang lain yang naik, Lombok besar Rp  50 ribu/kg, Bawang Merah Rp 25 Rrbu/kg, Jahe Rp 30 ribu/kg dan Kopi Rp 50 ribu/kg,” jelas Nemah.

Biasanya kata Nemah, kenaikan harga barang barang ini terjadi pada bulan 12 atau bulan Desember menjelang  perayaan Natal dan tahun baru tapi sekarang sudah melonjak drastis.

Salah seorang Penjual ayam Geprek di Bangkalan,Basid mengharapkan adanya kenaikan harga cabai ini tidak berimbas terhadap naik harga ayam. “Kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah kabupaten bangkalan agar dapat menekan harga cabai, Pasalnya jika harga cabai ini naik saya takut harga ayam juga ikut naik” kata Basid.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan kabupaten Bangkalan, H Achmad Siddik dikonfirmasi melalui Kabid Usaha Perdagangan, Delly Septiana lewat whatsapp menjelaskan, kenaikan harga cabai ini karena dampak dari cuaca . “Memang betul ada kenaikan harga cabai penyebab nya kenaikan harga ini karena  berkurang nya pasokan cabe ke daerah juga karena faktor cuaca saat ini, ” pungkasnya (edi/shb)