HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Hari Ini 19.786 Siswa SD dan MI Berjibaku Dalam  US 2015-2016

Kabid TK SD Disdik bangkalan, moh Fauzi
Kabid TK SD Disdik bangkalan, moh Fauzi

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Hari ini, Senin (16/5), giliran seluruh siswa kelas VI SD Dan MI di Kabupaten Bangkalan, mulai menjalani Ujian Sekolah (US) tahun ajaran 2015-2016. Jumlahnya cukup membludak. Yakni mencapai 19.786 siswa. Mereka tersebar di 821 SD dan MI penyelenggara yang berserak di 281 Desa dan Kelurahan di Kabupaten ujung Barat Pulau Madura itu.

Untuk tiga hari ke depan, seluruh siswa peserta sebanyak itu akan berhadapan dengan tiga Mata Pelajaran (Mapel) yang diujikan dalam US untuk tingkat SD dan MI tahun  ini. Yakni Senin hari ini Mapel Bahasa Indonesia, berikut Selasa dan Rabu (18/5) nanti berhadapan dengan Mapel Matematika dan IPA.

Belum ada kepastian apakah gawe akbar US tingkat SD dan MI yang diikuti oleh 19.786 siswa itu akan dipantau oleh Bupati RK Muh Makmun Ibnu Fuad,SE  dan rombongan atau tidak. Atau minimal oleh Wabup Ir H Mondir A Rofi’i.”Hingga pagi ini belum ada konformasi dari Humas Protokol apakah Bapak Bupati akan memantau atau tidak. Entah besok atau lusa,” kata Kabid TK,SD dan SDLB Disdik Bangkalan, Moh Fauzin,MPd, disela-sela kesibukan memantau US tingkat SD dan MI tadi pagi.

Dalam pelaksanaan UN sebelumnya, Bupati RK Muh Makmun Ibnu Fuad,SE hanya sempat memantau pelaksanaan UN tingkat SMA,SMK dan MA, Senin (4/4) lalu. Saat itu, Bupati ketika memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1, serta UN di SMA 3 dan MAN, didampingi  oleh beberapa pejabat teras. Diantaranya Kepala Disdik Drs Mohni,MM, anggota DPD-RI Achmad Nawardi, Sekdakab DR H Eddy Moeljono,SH,SE,MM,MSi dan Kepala Bappeda Drs H Moh Fauzan,MM.

Namun, pemantauan serupa, ternyata tidak dilakukan Bupati ketika 15.393 siswa tingkat SMP dan MTS serentak menjalani UN tanggal 9 s/d 12 Mei 2016 lalu. Di sini, hanya aggota DPD-RI Achmad Nawardi, berikut anggota Dewan Pendidikan (DP), Drs H Mustahal Rasyid, Drs H Moh Zaini Hasan,MPdI, Abdus Somad,MPdI dan Drs H Achmad Muzakki, yang blusuk-blusuk mematau UN tingkat SMP dan MTs.

Hari ini, ketika US tingkat SD dan MI mulai serentak dihelat, adakah Bupati dan rombongan kembali akan sempat melakukan pemantauan ? Para tokoh pendidikan memang amat berharap untuk itu. Paling tidak, kehadiran Bupati, atau minimal Wabup, secara psykhologis, akan memberikan dorongan semangat bagi sisw peserta US.

Sementara Kabid TK,SD dan SDLB Disdik, Moh Fauzi,MPd, lebih detail menjelaskan, dari jumlah total 19.786 siswa peserta US tingkat SD dan MI tahun ini, sebanyak siswa diantaranya adalah siswaSDN. Mereka berasal dari 653 SDN penyelenggara. Sementara 402 dan 111 siswa lainnya berasal dari 28 SD Swasta dan 2 MI Negeri. Terakhir, sebanyak 2.382 siswa sisanya berasal dari 138 MI Swasta.

Fauzi optimis, peserta US tingkat SD dan MI sebanyak itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, juga akan lulus seratus persen. “Insya Allah, target kelulusan 100 persen itu akan tergapai. Kami yakin itu. Sebab seluruh siswa calon peserta US tingkat SD dan MI, sudah dipsersiapkan secara matang. Sejak kisaran Januari lalu,” pungkas Moh Fauzi. (Sjam/shb).