Kantor Imigrasi Pamekasan Kembali Buka Layanan Pembuatan Pasport Di Mall Pelayanan Publik (MPP)Banplaz Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Setelah sebelumnya sempat vakum, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan kembali membuka pelayanan pembuatan Pasport di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Bangkalan Plaza (Banplaz). “Mulai hari ini kami membuka  layanan keimigrasi-an berupa pelayan pasport di MPP  di kabupaten Bangkalan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan Imam Bahri, Senin (05/04/2021)

Dikatakan dia, sebelumnya pada saat pembukaan  MPP di Banplaz pihkanya belum optimal melayani pembuatan pasport di MPP Banplaz Bangkalan. “Saat Lauching  MPP  di Banplaz bangkalan pada masa pandemi, tentunya banyak peraturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi, dan pada saat itu sedang mengalami pembatasan. Di pamekasan sendiri kantor imigrasi lock down untuk sementara, sehingga berimbas ke MPP di Bangkalan,” jelas Imam Bahri.

Dijelaskan Imam Bahri, Kantor Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan membawahi 4 wilayah kabupaten,  yaitu kabupaten Bangkalan, Sampang,  Pamekasan dan Kabupaten Sumenep. “Dalam melayani peohon kantor imigrasi mempunyai progarm unggulan yaitu layanan pasport Idaman, layanan Idola dan di kantor Imgrasi pamekasan sendiri ada layanan pasport Simpati,” terangnya.

Terkait dengan dibukanya kembali layanan pembuatan pasport di MPP Banpalz Bangkalan, Imam Bahri menambhakan, karena pembenahan saranan dan prasarana di Banplaz sudah selesai. “Kenapa MPP di Banplaz Bnagkalan  dibuka lagi karena sebelumnya kita melakukan pembenahan Sarpras, dan Alhamdulillah bapak bupati  Bangkalan, beserta jajaran sudah memberikan fasilitas peralatan termasuk pemakaian kendaraan, karena kendaraan sangat dibutuhkan kantor imgrasi pamekasan sebagai kendaraan operasional sehingga kita bisa cepat menjangkau tempat tempat yang dibutuhkan masyarakat termasuk di MPP Banplaz Bangkalan,” tuturnya.

Untuk kesisteman kata Imam Bahri, juga sudah diberi bantuan oleh pemkab Bnagkalan. Alhamdulillah diberikan kemudahan juga, kita tinggal menungu pemuktahiran sistemnya, mungkin kedepan kita akan melakukan koordinasi dengan Direktorat Jendral Imigrasi, khususnya dibagian sistik karena perangkat atau PC yang akan diberi bantuan oleh pemda Bangkalan kita harus melakukan pemberian lisensi,” katanya.
 

Ditambahkan Imam Bahri, untuk permohonan pasport saat ini dilakukan dengan APAPO. “Melalui sistem dimana kita dibatasi oleh kuota, pada saat ini kuota tersebut diberikan 25 persen dari pusat, karena memang pada masa covid-19 ini  supaya mengurangi kerumunan sehingga kita mengatasi banyaknya pemohonan dimana petugasnya, SDM nya sedang menjalani WFH dan WFO membatasi terbetuknta kluster baru, Semoga masa ini cepat dilalui dan selesai,khudusnya pelayann pasport berjalan dengan  normal, dan menjadi kebiasan baru,” ujarnya.

Namun kata Imam Bahri, Kantor Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan akan memberikan pelyanan terbaik. “Pada dasarnya  kami siap akan memberikan pelayan terbaik untuk semua kabupaten  tentunya mempermudah bagi masyarakat secara luas di pulau madura sshingga dalam kegitan haji dan umroh untuk pemohon wisata bisa memberikan pelayanan yang bisa menjangkau di seluruh wilayah kerja kantor migrasi wilayah Pamekasan,” urainya  

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan Imam Bahri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron. “Saya atas nama pribadi dan atas nama Direktorat  Jendral Imigrasi khusunya Kementerian hukum dan Ham mengucapan terima kasih kepada pak Bupati dan jajarannya yang sudah memberikan tempat, akomodasi dan lain lain, tanpa kerja sama dengan steak kholder dan instansi terkait kegiatan pelayan tersebut tidak bisa  berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal perjinan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP) kabupaten Bangkalan, Ainul Ghufron mengatakan, dibukanya layanan pembuatan Pasport di MPP Banplaz ini mendukung program Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron. “Di Bangkalan ini banyak Pelaut dan TKI, dengan dibukanya pembuatan pas[ort di MPP Banplas ini, agar mereka tidak mengurus ke luar bangkalan dan ini merupakan program pak Bupati,” kata Ainul.

Kadis DPMPTSP Bangkalan mengharapkan kedepan pelayanan pembuatan pasport di MPP Banplaz ini terus ditingkatkan. “Saya harap layan pembuatan pasport kedepan bisa ditingkatkan seperti bisa cetak pasport di MPP Banplaz,” pungkasnya. (hib/shb)