HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Kejar Target Vaksinasi 70 Persen, Dinkes Bangkalan Bentuk Tim Vaksinator Desa Lakukan sistem Jemput Bola Ke Rumah Rumah

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk mengejar target vaksinasi sebesar 70 persen, Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten  Bangkalan akan membentuk tim Vaksinator desa, dimana dalam program ini dua desa akan di tempatkan 1 tim Vaksinator. “Tim Vaksinator desa ini nanti  yang masuk ke rumah rumah, tugasnya tim vaksinator ini keliling dor to dor untuk menawari vaksinasi jadi kita jemput bola,” kata Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo M Kes, Selasa (28/09/2021)

Dikatakan dia, program setiap dua desa  ada satu tim vaksinator ini untuk mengejar target vaksinasi di kabupaten Bangkalan sebesar 70 persen. “Kita target 25 desa perhari mudah-mudahan ini bisa Terealisasi mudah-mudahan ini bisa menambah capaian vaksinasi kita, ” jelas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Dijelaskan Yoyok, tim vaksinator yang akan melakukan vaksinasi dor to dor ke desa desa ini adalah merupakan tambahan tim Vaksinator dalam upaya mengejar target 70 persen. “Totalnya tim vaksinator di Kabupaten 70 tim ditambah 138 tim Vaksinator, sekarang total tim Vaksinator kita 208 tim Vaksinator dengan jumlah petugas Nakes 1.114 orang, ” terangnya.

Adanya tambahan tim Vaksinator ternyata bisa mendongkrak capaian vaksinasi di kabupaten Bangkalan. “Pada awal awalnya capaian  diangka mulai 13.000 waktu itu dan terus bertambah, sekarang capaian kita 34 ribu perhari, namun untuk memenuhi kekurangan 403.0000 dalam tiga hari itu suatu hal yang tak mungkin  Berarti satu hari Rp125.000 itu nonsen, ” tuturnya.

Ditambahkan Yoyok untuk masalah Vaksin ya tidak ada masalah karena saat ini ketersediaan Vaksin melimpah. “Kemarin
kita ada 304.000 dipinjam salah satu kabupaten, kita berikan 40.ribu, kemarin kita kedatangan lagi  212.000 vaksin Sinovag, ” katanya.

Untuk mencapai target 70 persen dalam program vaksinasi ini kata Yoyok, diperlukan komitmen bersama. “Apa yang disampaikan forum kemarin, mudah-mudahan menjadi hal yang positif dan semua tokoh, semua elemen masyarakat menyambut baik demi tercapainya target 70 persen vaksinasi di kabupaten Bangkalan, ” pungkasnya. (min/shb)