HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Laksanakan Program P5 TK YKK 1 Bangkalan Gelar Karya Pesona Eco Print

Kabid PAUD dan PNF Bangkalan, Sulistijawati (pakai baju Merah) saat foto bersama

Bangkalan,maduranewsmedia.com– TK YKK 1 Bangkalan merupakan salah satu sekolah Penggerak. Pada semester 1 tahun 2023, TK tersebut menggelar Karya Pesona Eco Print yaitu tehnis melukis atau membatik dengan menggunakan bahan dari daun daunan. “Kegiatan ini salah salah satu dari program sekolah penggerak, Projec Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada semester 1 ini kami mengangkat tema aku cinta Indonesia  dengan kegiatan Eco Print, ” kata Kepala TK YKK 1 Bangkalan, Mariyatul Kiptiyah Spd, disela sela acara Gelar karya pesona Eco Print di TK YKK 1 Bangkalan, Rabu (25/10/2023)

Dikatakan dia, dipilihnya Eco Print tersebut, karena sebagai tindak lanjut dari kegiatan P5 pada semester 2 tahun sebelumnya. “Kami memilih Eco Print ini karena merupakan tindak lanjut dari P5 semester 2 pada tahun lalu yaitu eco engine sebab Kegiatan P5 berkelanjutan,” jelasnya.

Dijelaskan Mariyatul Kiptiyah, maksud dan tujuannya dipilihnya Eco Print tersebut, karena ingin mengacu pada alam. “Dengan Eco Print ini kita tetap mengacu pada alam sehingga bahan alam kita gunakan sebagai media dalam kegiatan P5 ini,” terangnya.

Selain itu kata Mariyatul Kiptiyah, sekolah ingin menanamkan nilai nilai cinta lingkungan  kepada anak anak. “Pada Eco Print ini kita memakai media alam, karena bahannya mudah didapat, murah, dan tidak mengeluarkan finansial yang terlalu besar, kita manfaatkan tanaman yanga ada di sekitar sekolah, jadi kita cinta lingkungan, ” tuturnya.

Sebab lanjutnya, Eco Print yaitu tehnis melukis atau membatik dengan memakai bahan dari daun daunan. “Jadi bahan bahan ini aman karena tidak ada bahan kimianya, kita mendidik anak tetap mencintai lingkungan di sekolah, ” katanya.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Dra Hj Soelistijawati mengapresiasi kegiatan P5 yang dilaksanakan oleh TK YKK 1 Bangkalan ini. (min/shb)