HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Memasuki Musim Pancaroba, BPBD Bangkalan Minta Masyarakat Waspada

Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat
Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat

Bangkalan,Maduranewsmedia.com– Pada akhir bulan Nopember ini memasuki musim pancaroba, pada musim pancaroba ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten bangkalan menghimbau agar supaya masyarakat waspada. “Sekarang ini masih pancaroba yaitu pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, kami minta masyarakat agar waspada,” kata Kepala BPBD kabupaten Bangkalan Wahid Hidayat, Minggu (22/11/2015).

Dikatakan Wahid Hidayat, biasanya cuaca pada musim pancaroba ini apabila terjadi hujan seringkali disertai dengan angin kencang dan petir. “Kalau ada angin berpotensi angin puting beliung. Dalam pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan ini biasanya terjadi angin puting Beliung,” jelas Dayat panggilan akrabnya Wahid Hidayat.

Lebih lanjut Wahid Hidayat menjelaskan, didalam musim pancaroba ini, BPBD telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang potensi angin puting Beliung. “Kami sudah membuat peta daerah yang rawan puting beliung diantaranya kecamatan Burneh, Socah dan kecamatan kota bangkalan,” terangnya.

Memang kata Dayat, di kecamatan-kecamatan lain tidak menutup kemungkinan terkena bencana angin puting beliung. “Ya tidak menutup kemungkinan kecamatan-kecamatan lain terkena bencana angin puting Beliung seperti yang terjadi di kecamatan Galis tidak karena  pada musim pancaroba ini datangya angin sporadis,” tuturnya.

Oleh sebab itu kata Dayat, jika terjadi bencana angin puting beliung atau bencana banjir, maka masyarakat segera menyampaikan laporan ke pemerintah desa setempat. “Masyarakat bisa melapor ke Kepala desa dan  melapor ke pak camat, biar pak Camat . memberitahu ke BPBD. Kalau ada laporan  bencana kami langsung turun ke lapangan,” pungkas Dayat. (hib/shb)