HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

PAS SMP Di Bangkalan Masih Terapkan Kurikulum 2013

Kabid SMP Disdik Bangkalan, Heru Ali Wardhana

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)  SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan pada semester ganjil tahun ajaran 2022- 2023 masih menerapkan kurikulum 2013.”Untuk kelas VIII dan IX PAS-nya menggunakan kurikulum 2013, hanya kelas VII saja yang menggunakan kurikulum merdeka belajar, ” kata Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Heru Ali Wardhana, Rabu (14/12/2022)

Dikatakan dia, dalam penerapan kurikulum merdeka Belajar pada pelaksanaan PAS pada semester ganjil ini tidak semua sekolah. “Tidak semua sekolah menerapkan kurikulum merdeka belajar, hanya sekolah yang ditunjuk yaitu sekolah penggerak dan
sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, ” jelas Heru sapaan akrabnya Kabid SMP Disdik Bangkalan ini.

Dijelaskan Heru, PAS semester ganjil ini dilaksanakan selama 1 Minggu. “Tahun ajaran untuk semester Ganjil dimulai bulan Juli sampai Desember 2022 dan tahun ajaran semester ganjil diakhiri dengan PAS, “terangnya.

Setalah PAS kata Heru kemudian liburan sekolah dan setelah liburan siswa masuk kembali untuk semester 2 tahun ajaran 2022-2023 yang dimulai pada bulan Januari 2023 hingga nanti bulan Juni. “Pada bulan Juni nanti kita akan laksanakan Penilaian Akhir Tahun, ” tuturnya.

Ditambahkan Heru, Penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun ini untuk menguji kompetensi siswa. “Kalau dulu itu UAS dan UNBK,” katanya.

Adanya Penilaian Akhir semester dan penilaian akhir tahun ini para peserta didik diharapkan bisa mencapai kompetensi yang diajarkan para guru pada tiap tiap semester. “Ya parapan pelaksanaan PAS yang digelar selama  satu minggu ini dan pelaksanaan akhir semester nanti semoga peserta peserta didik mencapai kompetensi yang diajarkan para guru, ” pungkasnya. (min/shb)