HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pembentukan P2KD Belum Tuntas, Bappemmas Sudah Gelar Bintek

pejabat teras bangkalan dalam acara bintek P2KD
para nara sumber  dalam acara bintek P2KD

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Pembentukan Pelaksanaan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak tahap II di kabupaten Bangkalan belum tuntas, namun Bappemas dan Pemdes sudah menggelar Bintek bagi P2KD. Ada 54 P2KD di * kecamtan yang mengikuti Bintek tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad meminta agar Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) harus betul-betul Netral. “Dalam Pilkades serentak nanti, P2KD harus netral, meskipun yang menjadi calon kepala desa masih ada hubungan saudara,” kata Bupati Bangkalan dalam sambutan  yang disampaikan oleh Asisten III, Hasanuddin Buckhori dalam acara Kegiatan fasilitas pelaksanaan Pilkades (Bintek P2KD)  di Gedung Ratoh Ebu, Kamis (14/04/2016).

Bupati bangkalan juga mengharapkan agar  P2KD bisa melaksanakan tugasnya denganbaik sebagai P2KD didesa. “Maksud diadakannya bintek ini agar semua P2KD nantinya tidak kesulitan saat menjalankan tugas-tugasnya. Makanya kalau ada hal yang tidak dimengerti langsung bertanya kepada nara sumbernya,”  terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat  dan Pemdes  kabupaten Bangkalan, Ismet Effendy menjelaskan, P2KD yang mengikuti Bintek tersebut sebanyak 54 desa dari 8 kecamatan. “Jadi masih tersisa 88 P2KD yang belum mengikuti bintek, nanti sisanya minggu depan,” jelas Ismet Effendy.

Ke 54 desa dari 8 kecamatan yang telah mengikuti Bintek itu diantaranya adalah kecamatan  Kamal, Socah, Labang, Tragah, Burneh, Kwanyar, Tanah Merah dan  kecamatan Galis. “Dari 142 desa yang tersebar di 18 kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak nanti, baru 8 kecamatan yang P2KD-nya sudah mengikuti bintek,”  tuturnya.

Kepala Bappemmas ini mengharapkan dengan adanya bintek bagi P2KD ini, pelaksanaan pilkades serentak tahap II nanti bisa berjalan lancar. “P2KD diikutkan Bintek ini diharapkan agar mereka nanti tidak kesulitan didalam melaksanakan tugas-tugasnya,” pungkas Ismet. (hib/shb)