Pemkab Bangkalan Dapat Bantuan Alsintan Hasil Kerjasama Dengan Anggota DPR RI Partai Gerindra Dapil Madura

Bupati Bangkalan, R abd Latif Amin Imron saat mencoba Mesin pertanian modern

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pemerintah Kabupaten Bangkalan mendapatkan Bantuan alat Mesin Pertanian yaitu Traktor roda 4 sebanyak 6 unit, Traktor roda 2 sebanyak 49 unit, cultivator sebanyak 19 Unit, pompa 3,5 PK sebanyak 57 unit dan mesin panen padi sebanyak 3 unit. Puluhan alat mesin pertanian tersebut merupakan hasil  kerjasama pemerintah daerah dengan Anggota DPR RI Fraksi Gerindra R Imron Amin.

Puluhan bantuan mesin pertanian  dari anggota DPR RI Partai Gerindra Dapil Madura itu diserahkan secara langsung oleh Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin kepada Para kelompok tani yang ada di kabupaten Bangkalan. “Mudah-mudahan adanya bantuan alat pertanian ini bisa bermanfaat untuk kelompok tani, dan semoga tahun depan kita bisa dapat bantuan lagi,”  kata Bupati R Abdul Latif Amin Imron usai menyerahkan alat pertanian kepada Kelompok tani di Jalan Halim Perdana kusuma Kamis (22/07/2021).

Kinerja Sektor Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 ini memang sungguh sangat Membanggakan.  hingga 15 Juli 2021, telah dilakukan panen padi seluas 43.150 hektar yang menghasilkan 142 Ribu Ton beras. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras masyarakat Bangkalan hingga 10 bulan ke depan. Ditambah dengan masih adanya hujan saat musim kemarau ini menambah keyakinan pemkab Bangkalan akan bisa meningkatkan produksi beras di Kabupaten Bangkalan.


Harus diakui bahwa pekerjaan rumah terbesar sektor pertanian salah satunya adalah alih teknologi pertanian dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern yang berbasis mekanisasi pertanian. “Dengan pertanian modern, membajak sawah cukup menggunakan traktor roda 2, traktor roda 4 atau cultivator, tidak lagi menggunakan sapi atau kerbau,” ujar Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan.

Memanen padi dengan memanfaatkan mesin panen padi ini akan  menghemat tenaga kerja, waktu dan biaya. Penyediaan alat mesin pertanian modern tersebut membutuhkan biaya yang besar. “Semoga bisa mensejahterakan para Petani di Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya. (sdi/min)