HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Perangi Pengangguran di Usia Produktif, SMK Negeri- 2 Bangkalan Gelar Job & Education Fair 2023

MoU SMK Negeri 2 Bangkalan dengan PT Toyota

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk memerangi pengangguran pada usia produktif, SMK Negeri 2 Bangkalan menggelar acara Job & Education Fair 2023. Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan, Pinky Hidayati, S. Psi M. Psi. “Kegiatan ini kita gelar karena masih sulitnya anak anak lulusan SMK mencari pekerjaan khususnya pekerjaan yang ada di Bangkalan dan sekitarnya, ” kata Pinky sapaan akrabnya Kacabdin Wilayah Bangkalan saat membuka Job & Education Fair 2023 di aula SMK Negeri 2 Bangkalan, Rabu (15/11/2023)

Selain itu kata Pinky,  Job & Education Fair 2023 ini tujuannya agar supaya lulusan SMK bisa bekerja di kabupaten Bangkalan. “Ini adalah upaya kita agar anak anak tidak bekerja ke luar negeri  dan merantau ke luar pulau madura, bagaimana anak anak yang mempunyai potensi bisa bekerja di daerah Bangkalan dan membangun di bangkalan, ” jelasnya.

Makanya kata Pinky, pihaknya meminta kepada semua kepala SMK di bangkalan untuk mengangkut siswa nya ke acara tersebut. “Silahkan siswa siswi nya diarahkan dan diangkut untuk memperkenal siswa nya dengan dunia industri dan dunia usaha yang ada di kabupaten Bangkalan,” terangnya.

Ditambahkan Pinky, hasil Riset tahun 2023 saat ini di kabupaten Bangkalan, ada 15.813 lulusan SMK yang belum memperoleh pekerjaan. “Makanya dengan adanya job & Education Fair 2023 ini diharapakan mereka mendapatkan dan menjadi tenaga kerja yang handal yang kompenten dan profesional, ” tuturnya.

Sementara itu Kepala UPTD SMK Negeri 2 Bangkalan, Nur Hazizah, S. Pd, M. Pd, pelaksanaan Job & Education Fair 2023 ini bekerja sama dengan dunia usaha,
Alumni SMK 2 Bangkalan dan SMK di Bangkalan. “Ada 20 industri dan 15 lembaga pendidikan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, ” kata Nur panggilan akrabnya Kepala UPTD SMK Negeri 2 Bangkalan ini.

Selain itu imbuhnya, ada juga dari instansi pemerintah yaitu Dinas tenaga kerja propinsi Jawa Timur, Disperinaker kabupaten Bangkalan, BPJS Ketenaga kerjaan kabupaten Bangkalan.

Dalam kegiatan Job & Education Fair 2023 itu dilakukan MoU antara SMK Negeri 2 Bangkalan dan PT Toyota kabupaten Bangkalan. (min/shb)