HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pilkades Serentak Tahap II Rencananya Akan Digelar Pertengahan Tahun 2022

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pelaksanaan pilkades serentak tahap II rencananya akan di gelar pada pertengahan tahun 2022. Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Bangkalan masih membuat perencanaan terkait pilkades seretnak tahap II ini. “Yang pasti sampai saat ini masih belum ada perintah pada kami dari pimpinan terkait penundaan atau keberlanjutan Pilkades serentak tahap II di tahun 2022 mendatang,” kata  Kabid Pemerintah Desa (Pemdes), Handiyansah saat dikonfirmasi Jum’at (29/10/2021).

Dikatakan dia, pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar pada pertengahan tahun 2022 ini masih dalam tahap proses prencanaan. “Kalau untuk jumlah desa-nya yang akan mengikuti pilkades serentak ada 149 desa,” jelas Radit sapaan akrabnya Kabid Pemdes DPMD kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Radit, selain 143 desa, peserta pilkades serentak tahap II nanti juga akan diikuti  6 Desa peserta  Pilkades serentak tahap I pada 2021. 6 desa itu adalah  Kades terpilih gagal dilantik karena meninggal dunia, sedangkan masa jabatannya akan berakhir pada bulan Desember 2022. “Desa yang akan ikut pada  pilkades gelombang kedua ini nanti Kepala desa yang masa jabatannya akan berakhir di Desember 2022 mendatang, karena pelantikan nanti tidak boleh lebih dari tanggal berakhirnya masa jabatan,” terangnya

Ditambahkan Radit, meskipun masih belum diketahui apakah pilkades serentak tahap II ini ditunda atau tidak, namun pihaknya tetap melakukan persiapan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan sebelumnya. “Kami tetap persiapkan segala kebutuhannya untuk pilkades serentak tahap II di tahun 2022 nanti, sementara itu regulasi dan anggaran yang kami persiapkan,”pungkasnya. (sdi/shb)