HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Masih Banyak Desa Di Kabupaten Bangkalan Yang Belum Lunasi PBB

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Saat ini masih banyak desa di kabupaten Bangkalan yang belum melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) pada bulan Nopember akan memanggil desa yang belum melunasi PBB itu. “Bu;an depan desa yang PBB-nya masih dibawah 50 persen akan kita panggil, sebab bulan Desember PBB semua desa harus lunas,” kata kepala Bapenda Bangkalan, Ismet Efendi, Jum,at (20/10/2021).  

Desa yang PBB-nya masih dibawah 50 persen jumlahnya masih banyak. “Yang masih dibawah 50 persen banyak, ada 154 desa, dan desa-desa itu akan kita panggil satu persatu nanti pada bulan Nopember,” jelas Ismet sapan akrabnya Kepala Baapenda kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Ismet, jika dalam pemanggilan bulan Nopember nanti, desa belum juga melunasi PBB-nya maka pihaknya akan menyerahkan ke kejaksaan negeri Bangkalan. “Kalau tetap tidak melunasi juga biar kejaksaan nanti yang manggil,” terangnya.   

Masih rendahnya pelunasan PBB ini kata Ismet, disebabkan karena banyak Kepala Desa yang menanggung PBB-nya masyarakat. “Banyak kades yang tidak menarik PBB ke rakyat karena  ditanggung oleh sang Kades sehingga mereka dalam melunasi mengambil belangkangan,” tuturnya.

Sebenarnya Bapenda telah melakukan berbagai upaya untuk merangsang agar desa segera melunasi PBB-nya. “Ya pada peringatan hari jadi Bangkalan yang ke 490 kemarin, kita memberikan piagam kepada desa yang lunas PBB 100 persen, piagam ini kita berikan untuk memberikan semangat dan memancing desa yang lain untuk melunasi PBB,” pungkasnya. (min/shb)