HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Plt Kadis PMD Bangkalan Apresiasi BUMDes Sumber Makmur Desa Burneh

Peresmian rest area BUMDes Sumber Makmur Desa Burneh

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Rudiyanto memberikan apresiasi kepada Badan Usaha  Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur desa Burneh Kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan yang telah membangun rest area di jalan akses Suramadu tepatnya di Tangkel. “Pembangunan rest area BUMdes Sumber  Makmur ini membanggakan sekali,  sebab dari 273 desa di kabupaten hanya 40 BUMdes yang telah berbadan hukum, ” Kata Rudi sapaan akrabnya Plt kepala DPMD Bangkalan usai melaunching kios lapak BUMDes Burneh, Rabu (01/11/2023).

Selain itu kata Rudi, dari 273  desa  di kabupaten Bangkalan 49 desa terdaftar di Kemenkumham. “Mudah-mudahan ini yang ke 50 yang terdaftar di Kemenkumham. Usaha BUMdes Sumber Makmur  ini sangat strategis dan potensi wilayah ini terus dikembangkan, sebab jika desa bisa mengelola potensi di desanya untuk kesejahteraan masyarakat desa dan ini merupakan program dari kementerian desa yaitu desa wisata, ” jelas Rudi.

Dijelaskan Rudi, Sebelumnya di kabupaten Bangkalan hanya ada 3 desa Mandiri yaitu Desa Telang kecamatan Kamal, Desa Martajesah kecamatan Bangkalan dan desa Burneh kecamatan Burneh. “Saat ini desa mandiri di Bangkalan bertambah menjadi 6 desa. Kalau sudah jadi desa Mandiri, desa bisa mengelola potensi desa, ” terangnya.

Kadis DPMD Bangkalan mengharapkan, kepada pengendara yang melintas di jalan akses Suramadu tepatnya di Tangkel, bisa berhenti sejenak di rest area milik BUMDes Sumber Makmur desa Burneh sebelum melanjutkan perjalanan ke Surabaya. “Dengan lahan parkir yang  memadahi ini memicu para pengendara ingin istirahat sejenak dan kalau bisa kios yang ini terus dikembangkan oleh warga Burneh sendiri terserah di isi makanan atau pakaian adat Madura,” katanya.

Sementara itu, Camat Burneh, Hosun S.Pd, MM mengharapkan adanya Rest Area BUMDes Sumber Makmur bisa membuat kemakmuran bagi masyarakat Desa Burneh dan  nantinya desa lain bisa membangun BUMDes  seperti desa Burneh. “Dengan adanya BUMDes yang bisa membangun  rest area ini, semoga bisa membawa keberkahan dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitarnya dan semoga terus berkembang bukan usaha ini saja, ” kata Hosun.

Sedangkan Ketua BPD Burneh, Muhammad Tosen mewakili Kepala Desa Burneh H Rasiman menjelaskan pembangunan rest area BUMDes Sumber Makmur dibangun sejak tahun 2021 dengan anggaran seadanya. “Tahun 2021 dengan dana seadanya kita membuka BUMdes, tujuan dibangunnya tempat ini sebagai  tempat wisata, masyarakat bisa singgah dan istirahat dengan tenang, ” ujar Mohammad Hosen.

Ditambahkan Mohammad Hosen, BUMdes Sumber Makmur, membangun rest area untuk wisata kuliner. “Nanti warung warung yang ada dipinggir jalan akan dimasukkan ke rest area ini, dan nanti do rest area ini juga ada wahana permainan anak- anak, kerajinan khas Madura dan kita akan sediakan parkir mobil dan motor 24 jam. Rest area ini belum selesai 100 persen, masih 60 persen  namu kita resmikan karena setelah diresmikan  kita harap ada bantuan anggaran dari pemerintah, ” pungkasnya. (edi/shb)