PPDB Tahun 2021 Jalur Prestasi Berakhir, SMPN-3 Bangkalan Zonk Pendaftar

Suasana PPDB jalur prestasi di SMPN-1 Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi dan jalur kepindahan orang tua tingkat SMP tahun 2021 di lingkungan Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan telah berakhir. PPDB jalur prestasi dan kepindahan orang tua yang dibuka sejak tanggal 21 Juni hingga 23 Juni 2021 ini, siswa yang mendaftar di SMPN-1 Bangkalan 137 siswa, di SMPN-2 Bangkalan 117 siswa sementara di SMPN-3 Bangkalan zonk alias tidak ada pendaftar-nya.

Panitia PPDB SMPN 3 Bangkalan, Evi Risdiana mengatakan, SMPN-3 Bangkalan telah membukan pendaftaran online untuk PPDB jalur Prestasi dan orang tua ini. “Kami juga buka pendaftaran online, tapi sampai hari terakhir ini belum ada yang daftar,” kata Evi Risdiana, Rabu (23/06/2021).

Biasanya kata dia, siswa yang mendaftar ke SMPN-3 Bangkalan yang ramai pada PPDB  jalur zonasi dan jalur Affirmasi. “Biasa nya pak, yang ramai di jalur  zonasi dan jalur affirmasi, kami harus oprimis dan tetap menunggu siswa yang akan mendafta, memang di jalur prestasi di SPN-3 ngak ada pendaftar,” jelasnya.

Sementara itu Kepala UPTD SMPN 1 Bangkalan, Anwari Anwar menjelaskan, PPDB jalur prestasi dan kepindahan orang tua di SMPN-1 Bangkalan menggunakan sistem daring dan luring. “Siswa mendaftar melalui online untuk mengambil nomer pendaftaran, kemudian setelah mendapatkan nomer siswa menyerahkan berkas ke sekolah,” terang Anwari sapaan akrabnya Kepala UPTD SMPN-1 Bangkalan.

Dijelaskan dia, siswa yang mendaftar dalam PPDB jalur prestasi dan kepindahan orang tua di SMPN-1 Bangkalan ini 137 orang. “Pendaftarvdi jalur prestasi ini menyerahkan berkas surat keterangan lulus dan sertifikat. untuk pengumuman PPDB jalur prestasi ini nanti tanggal 25 Juni,” terangnya.

Pagu di SMPN-1 Bangkalan ini kata Anwari, 288 dengan 9 rombel. “Kita optimis pagu bisa terpenuhi karena masih ada  PPDB tahap kedua yaitu jalur zonasi dan jalur affirmasi yang sesuai jadwal dibuka mulai tanggal 28 juni sampai tanggal 1 Juli,” tuturnya.

Sedangkan Kepala UPTD SMPN 2 Bangkalan, Edy Hariyadi menjelaskan, jumlah pendaftar di SMPN-2 Bangkalan pada PPDB jalur prestasi dan kepindahan orang tua ini 137 orang. “Di SMPN-2 Bangkalan ini jalur prestasi dibagi jadi 4,  Prestasi akademik pendaftarnya 27  orang, non akademik 21 orang dan raport 59 orang dan Tanfidz 10 orang,” katanya.

Ditambahkan Edy Hariyadi, pihaknya optimis pagu pada PPDB tahun 2021 di SMPN-2 Bangkalan ini tercapai. “Untuk Pagu di SMPN-2 Bangkalan 288, ya kita lihat saja nanti apakah tercapai apa tidak karena ini masa pendemi covid-19, kalau tahun lalu tercapai tapi Insya Allah tercapai,” ujarnya.

Untuk PPDB jalur zonasi dan Affirmasi nanti kata Edy sapaan akrabnya Kepala UPTD SMPN-2 Bangkalan ini, pihaknya akan menggunakan daring murni 100 persen> “Semoga servernya mampu. kalau ada rrang tua yang ngak paham pendaftaran melalui daring akan  pandu,” pungkasnya. (min/shb)