TERKINI

Tahapan Pilkades Serentak Tahap Dua Berlangsung Lancar Tidak Ada Desa Yang Tidak Ada Calonnya

ilustrasi

Bangkalan, maduranewsmedia.com– pelaksanaan pilkades serentak tahap 2 yang akan digelar tanggal 3 Mei tahun 2023 memasuki tahap pendaftaran bakal calon kepala desa. Dari 149 desa di 17 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahap 2, tahapan pendaftaran bakal calon berjalan lancar. “Alhamdulillah tidak ada desa yang tidak ada calonnya dan tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa berjalan lancar, ” kata Kabid Pemerintah Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Bangkalan, Hadiyansah, Selasa (28/02/2023).

Selain berlangsung lancar, tahapan pendaftaran bakal calon Kepala desa pada pilkades ini juga berlangsung semarak. “Melihat tahapan pada tahapan pendaftaran bakal calon Kades pada pilkades tahap 2 ini, lebih semarak dan masyarakat desa menyambut dengan antusias, ” jelas Radit sapaan akrabnya . Kabid  Pemdes DPMD kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Radit, setelah tahapan pendaftaran bakal calon, maka tahapan selanjutnya adalah tahapan klarifikasi persyaratan bakal calon Kades. “Waktunya dari tanggal 28 Pebruari hingga 14 Maret. Dalam tahapan ini P2KD akan melakukan persyaratan bakal calon, ” terangnya.

Oleh sebab itu kata Radit, dalam tahapan klarifikasi persyaratan bakal calon ini, pihaknya mengharapkan P2KD didalam melaksanakan tahapan seauai regulasi yang ada. “Harapan kita, P2KD melaksanakan verikasi berkas administrasi bakal calon sesuai dengan regulaai yang ada dan sesuai tupolsi, misalnya kakau mau melakukan verifikaai ijasah ya ke diknas, kalau masalah berkas adminduk ya ke Dispenduk, ” pungkasnya. (min/shb)