TERKINI

Tingkatkan Semangat Kerja Karyawan, Manajemen RSIA Hikmah Sawi Bangkalan Undang Motivator

Direktur RSIA Hikmah Sawi, dr Hj dr Raudhatul Hikmah S.Pog (K) MM saat memberikan sambutan

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk meningkatkan semangat kerja karyawan dan karyawati-nya, manajemen RSIA Hikmah Sawi Bangkalan mengundang motivator,  Dr Aqua Dwipayana S.I.Kom. kurang lebih satu jam, motivator asal jakarta itu membakar semangat kerja karyawan dan karyawati   RSIA Hikmah Sawi yang belakangan mulai menurun. “Tujuan kami mengundang motivator ini untuk meningkatkan semangat bekerja karyawan dan karyawati saya,” kata Direktur RSIA Hikmah Sawi Bangkalan,  Hj dr Raudhatul Hikmah S.Pog (K) MM, disela-sela acara sharing dan komunikasi di aula RSIA Hikmah Sawi Bangkalan, Senin (30/08/2021) malam.

Sebenarnya untuk meningkatkan semangar bekerja para karyawan dan karyawati RSIA Hikmah Sawi Bangkalan, pihak manajemen telah melakukan berbagai upaya diantaranya dengan memberikan motivasi sendiri. “Pada awalnya saya sendiri yang memberikan motivasi karena saya mungkin bukan pakar komunikasi dan bukan motivator yang baik, mungkin target yang saya harapkan tidak terlalu tercapai,” jelas dr Hikmah sapaan akrabanya Direktur RSIA Hikmah Sawi Bangkalan ini.

Selain memberikan motivasi sendiri, upaya lain yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja karyawannya ini, pihak RSIA Hikmah Sawi Bangkalan juga melakukan dengan pendekatan agama. “Saya mencoba dengan pendekatan agama, saya berharap dengan pendekatan agama dengan menghadirkan ustad, dan mengkaji alqur,an yang kita lakukan seminggu sekali yaitu tiap hari Sabtu atau  minggu  kita ngaji terjemah alqur,an dan tafsir alquran saya berharap itu bisa memberikan motivasi untuk bekerja secara islami dan dapat berokah dan syafatnya alquran, dan Alhadullah agak berhasil,” terangnya.

Karyawan dan karyawati RSIA Hikmah Sawi saat mendengarkan arahan

Setelah diberi motivasi melalui pendekatan agama, karyawan dan karyawati  RSIA Hikmah Sawi Bangkalan mulai ada perubahan. “Alhamdulillah maindset karyawan dan karyawati saya sudah banyak berpedoman pada islam, mereka mulai care pada pasien-pasien, namun akhirnya mrotol yang ikut pengajian hanya 5 hingga 6 orang,” tuturnya.

Setelah banyak yang mrotol, kemudian pihaknya mengelaurkan ancaman agar supaya karyawan dan karyawati-nya tetap ikut pengajian. “Ketika mrotol, saya kelaurkan ancam pada mereka, tapi saya capek sendiri, kemudian saya coba dengan pendekatan yang lebih manusiawi, yaitu karyawan yang hadir dalam pengajian  saya kasih hadiah sembako, alhamdulilah ketika diberi hadiah  mulai banyak lagi yang hadir, namun setelah ada Covid 19 pesertanya mrotol lagi, kemarin yang hadir hanya 8 orang biasanya 23 hingga 30,” katanya.

Dengan diundangnya Motivator ,  Dr Aqua Dwipayana S.I.Kom diharapkan bisa mengubah maindset para karyawan dan tidak ada ketergantungan lagi dengan hadiah bahkan akan lebih mendalam dari itu. “Saya tadi ikut paparan beliau, beliau banyak memberikan filosofi filosofi makna hidup,  bagaimana kita bekerja, bagaimana kita berinteraksi antara teman sejawat, atau teman sekerja dengan atasan dan bawahan, bahkan tadi beliau banyak membicarakan masalah interaksi hubungan antara sumai isteri. makanya, saya berharap dengan kehadiran beliau ini akan merubah mindset kita sehingga kita punya integritas, atau momotivasi kita untuk bekerja meningkatkan kinerja kita, sehingga akhirnya target yang kita harapkan insya Allah akan tercapai,” pungkasnya. (min/shb)