HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Wujudkan Penyelenggaraan PAUD Yang Berkualitas, Disdik Bangkalan Berikan Penguatan Kapasitas PAUD Kepada Bunda PAUD Se Kabupaten Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk mewujudkan penyelenggaraan Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) yang berkualitas, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas PAUD kepada Bunda PAUD se kabupaten Bangkalan. dalam acara yang digelar selama 3 hari itu, panitia menghadirkan sejumlah pemateri, salah satu diantaranya adalah Bunda PAUD kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif, SE. acara tersebut di gelar di aula Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Zainul Qomar.

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Dra Hj Soelistijawati, S.Pd menjelaskan, kegiatan Penguatan Kapasitas PAUD kepada Bunda PAUD se kabupaten Bangkalan dilaksanakan selama 3 hari. “Hari ini (Rabu Red) adalah hari kedua, Alhamdulillah pada pelaksanaan hari pertama kemarin berjalan lancar,” kata Tia sapaan akrabnya Kabid PAUD dan PNF Disdik Kabupaten Bangkalan ini disela-sela acara Penguatan Kapasitas PAUD, Kecamatan, Desa/Kelurahan Kabupaten Bangkalan Tahun 2021, Rabu (06/10/2021).

Dijelaskan Tia,  kegiatan Penguatan Kapasitas PAUD, Kecamatan, Desa/Kelurahan Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 ini, dilakukan secara luring dan daring. “Total pesertanya ada 299 orang bunda PAUD, sebanyak 60 orang bunda PAUD mengikuti acara secara luring di aula Dinas pendidikan, tentunya kita tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bagi peserta luring ini, xsementara sisanya kita lakukan secara daring,” terangnya.  

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini kata Tia, untuk memberikan penguatan peran bunda PAUD di kecamatan dan di  desa serta bunda PAUD di kelurahan. “Selama 3 hari  para Bunda PAUD ini diberikan bekal pengetahuan tentang perannya sebagai Bunda PAUD di kecamatan, Kelurahan dan di Desa,” tuturnya.

Sebab Imbuh Tia, Bunda PAUD ini disandang oleh isteri kepala wilayah.  “Kalau di tingkat kabupaten bunda PAUD nya adalah isterinya pak bupati, di wilayah kecamatan Bunda PAUD-nya isteri pak  camat dan di desa Bunda PAUD-nya adalah isteri kepala desa. jadi Bunda PAUD ini merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan Pendidikan bagi anak usia dini, anak umur 6 tahun di wilayahnya,” kata Tia

Makanya kata Tia, guna mendukung terwujudnya penyelenggaraan PAUD yang berkualitas dengan layanan holistik terintegrasi, pihaknya menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas PAUD, Kecamatan, Desa/Kelurahan Kabupaten Bangkalan Tahun 2021. “Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini nantinya mereka (para Bunda PAUD red) bisa melaksanakan program-programnya untuk penguatan PAUD  seperti yang telah disampaikan oleh seluruh pemateri dan  bisa diterapkan di wilayah mereka masing masing,” katanya.

Pada saat menyampaikan materi tentang siapakah  bunda PAUD dan Pokja bunda PAUD, Bunda PAUD kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif, SE meminta kepada seluruh Bunda PAUD di kecamatan , desa dan Kelurahan  mampu harus mengemban tugas pokok dan fungsi untuk kepentingan pendidikan anak usia dini. (min/shb)