Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Bangkalan Gelar Operasi Lilin Selama 12 Hari

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan saat memeriksa pasukan apel

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Menjelang perayaan hari Natal 2018 dan Tahun baru 2019, polres Bangkalan menggelar operasi lilin selama 12. “Hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 dengan sandi operasi lilin 2018, opersai Lilin akan laksanakan selama 12 hari, dimulai hari ini tanggal 21 Desember  hingga tanggal 2 januari 2019,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP, Boby Pa’ludin Tambunan, usai memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolres Bangkalan, Jum,at (21/12/2018).

Dikatakan dia, opersai Lilin dilakukan sebab pada perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019 ada libur nasional. “Dalam perayaan natal ada libur nasional dan momen berkumpul bersama keluarga, dimana   masyarakat memanfatkan hari libur nasional itu,” jelas Boby panggilan akrbanya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, sasaran dari oerasi Lilin ini ada daerah rawan kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan daerah rawan tindakan kejahatan.  “Sasarannya kerawanan-kerawanan seperti rawan kemacetan, rawan kecelakan lalu lintas dan daerah yang rawan dengan berbagai  tindakan kriminal seperti begal, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya,” terangnya.

Untuk personel yang terlibat dalam operasi Lilin kata Boby, sebanyak 314 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD dan Instansi lainnya.

Untuk membantu masyarakat yang merayakan natal dan Tahun baru, pihaknya juga menyiapkan Pos pelayanan, pos pengamanan dan Pos pantau. “Kita juda ada pos pelayanan yang kita peruntukkan untuk membantu melayani warga yang merayakan natal dan tahun baru, ada 1 posyan,  4 pospam dan 5 pos pantau,” katanya.

Menjelang Natal dan tahun baru, pihaknya telah melakukan razia terhadp kendaraan yang memakai knalpot brong.”Untuk knalpot brong sudah kita lakukan penindakan, operasi tidak hanya dilakukan sekarang, namun bebrapa waktu yang lalu bahkan hampir setiap hari operasi,  hari Sabtu dan Minggu kita  melaksakan razia knalpot, hasilnya kita lihat, knalpot brong dan balapan liar sangat jauh menurun, untuk knalpot borong-nya kita amankan di Mapolres,” pungkasnya. (hib/shb)