KPU Bangkalan Tetapkan R Abdul Latif Amin Sebagai Bupati Bangkalan Terpilih

rapat Pleno terbuka

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Pasangan calon (Paslon)  Bupati dan calon Wakil Bupati Bangkalan nomer urut 1, Paslon Farid Al Fauzi dan Sudarmawan serta Paslon nomer urut 2, Pasngan KH imam Bukhori Kholil dan Mondir A Rofi. KPU Bangkalan menetapkan Pasangan Calon Bupati  dan calon wakil Bupati Bangkalan terpilih nomer urut3 yaitu pasangan R Abdul Latif Amin dan Moh Mohni MM. “KPU berkewajiban menetpkan pasangan calon terpilih setelah kami menerima salinan putusan dari MK,” kata Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati bangkalan tahun 2018. Di kantor KPU Bangkalan, Jum,at (10/8/2018).

Dikatakan dia, seharusnya penetapan calon Bupati Bangkalan terpilih ini diterapkan setelah 3 hari dari putusan MK. “Karena   kemarin  kami telah menerima salinan putusan MK, maka hari ini pasangan calon Bupati Bangkalan terpilih  kami tetapkan, dan itu telah sesuai dengan PKPU No 9 tahun 2018,” jelasnya.

Dijelaskan Fauzan,  penetapan calon terpilih ini merupakan tahapan akhir yang harus dilakasanakan dalam seluruh rangkaian  tahapan pemilihan Bupati dan wakil bupati Bangkalan. “Jadi putusan MK sesuai dengan perundangan-undangan merupakan putusan final dan mengikat, jadi sudah tidak ada upaya lain,” katanya.

Ditambahkan Fuazan Jakfar, hasil rapat Pleno KPU Bangkalan ini akan disampaikan ke DPRD Bangkalan. “Hasil pleno ini harus segera disampaikan ke DPRD kabupaten bangkalan,  selanjutnya akan diteruskan untuk dikirimkan ke Kementrian dalam Negeri melalui gubernur jatim. Karena agenda pelatikan masuk  tahap pertama yaitu tanggal 20 Sepetember dan pelantikan ini menjadi agenda pemprop Jatim,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan terpilih, R Abdul  Latif Amin, memohon agar dirinya bersama wakil Bupati Bangkalan bisa menjalankan amanah.  “Saya ucapkan terima kasih kepada para pendukung semua paslon yang hadir. Saat ini  Pasangan Salam telah ditetapkan sebagai bupati dan wakil Bangkalan, kami berdua mohon do,anya agar kami bisa menjalankan amanah ini sebaik baiknya,” kata Ra Latif..

Ra Ltif mengapresasiasi kinerja penyelenggara ya g menyelenggaran pemilihan Bupati Bangkalan baik. “Alhamdulillah rangkaian Pilbup Bangkalan telah selsai,  dan saya mengapresiasi KPU dan Panwas dan seluruh elemen masyrakat atas terlaksanakanya  pilkada bangaklan yang aman dan damai,  rakyat Bangkalan saat ini telah dewasa dalam berpolitik  dan demokrasi dibangkalan berkualitas dan bertabat,” pungkasnya. (adv/hib)

iklan 100x100