Masyarakat Di Bangkalan Mulai Kendor Pakai Masker

staf Dinkes Bangkalan saat membagikan masker

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Masyarakat di kabupaten Bangkalan akhir-akhir ini mulai kendor di dalam memakai masker. “Akhir-akhir ini kita lihat memang di beberapa lokasi pemakaian masker sudah sangat memprihatinkan alis sudah kendor, artinya masyarakat merasa kondisi ini sudah normal padahal kita masih dalam kondisi pandemi,” Kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo S,Kep, Ns, Sabtu (14/11/2020).

Padahal kata Dia, Dinas kesehatan tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan dan himbauan kapada masyarakat terkait pemakaian masker ini. “Sudah menjadi rahasia umum, slogan-slogan, tema-tema dan kegiatan-kegiatan yang sudah kita sampaiakan terus menerus kepada masyarakat bahwa  memakai masker ini dalam rangka melindungi diri  dan tidak melindungi orang lain,” jelas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.


Oleh sebab itu kata Yoyok, pada peringatan hari kesehatan nasional (HKN) yang ke-56 Dinkes Bangkalan membagi-bagikan masker kepada masyarakat. “Ada 85 ribu masker yang kita bagikan dalam peringatan HKN ke-56 ini. dan masker ini adalah upaya untuk memutus mata rantai Cpvid-19,” terangnya.   

Dijelaskan Yoyok, total kasus Covid-19 di kabupaten Bangkalan saat 647 kasus dan kasus baru jumlahnya terus menurun. “Kalau untuk kasus baru, kemarin hanya 1 kasus, dan alhamdulillah jumlah kecamatan yang sudah zona kuning bertambah menjadi 8 kecamatan,” tuturnya. Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai  masker untuk mencegah terpapar Covid-19. “Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (hib/shb)