HEADLINEMEDURREH ONGGUPERISTIWATERKINI

pensiunan Guru Ciptakan Alat Musik Tradisional Gampreng

 

Suparto dan alat musik cipta,annya Gampreng
Suparto dan alat musik cipta,annya Gampreng

Pamekasan,Maduranewsmedia.com-  Suparto (70) Meskipun sudah berusia lanjut namun tidak memupuskan untuk berkreasi, seperti halnya Suparto,yang menciptakan alat musik dari bambu yang diberi nama Gampreng atau gambang preng (bambu Madura), ide itu muncul, lantaran banyaknya pohon bambu yang liar dan tidak dimanfaatkan yang berada disekitar rumahnya.desa Laden kabupaten Pamekasan Madura jawa timur. Selasa pagi, (24/11/2015)

Beginilah suara alat musik buatan suparto, alat musik ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul atau diketuk. “Meskipun terbuat dari bambu, suaranya tidak kalah merdu dengan alat musik lainnya,” tutur Suparto kepada Maduranewsmedia.com

Suparto yang merupakan seorang pensiunan guru sekolah dasar ini, mendapatkan ide membuat alat musik ini, karena banyaknya pohon bambu yang tumbuh liar dan tidak dimanfaatkan, yang berada disekitar rumahnya di desanya. alat musik ciptaannya ini diberi nama gampreng atau gambang preng (bambu)

Pembuatan alat musik ini ia kerjakan sendiri, mulai dari memilih bambu hingga merangkainya. sementara untuk jenis bambunya, suparto menggunakan bambu ori, karena seratnya lebih padat dan lebih tebal, dan untuk tabung resonansinya memakai pipa paralon.

Nada-nada yang dihasilkan alat musik ini sama dengan alat musik gamelan, yakni pentatonis. “Gampreng ini merupakan perpaduan beberapa alat musik tradisional nusantara, yaitu gambang calung, dan gender, rencananya gampreng ini akan dihak patenkan serta akan memproduksi lebih banyak,” terangnya

Selain itu ia juga akan membuat alat musik lainnya yang nantinya bisa dimainkan bersamaan dengan gampreng ini, dan tentunya dengan bahan baku bambu pula..(rhm/shb)