HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Percepat Waktu Tanam Padi, Petani Bangkalan Dibantu Mesin Tanam

Kepala Dinas Pertanian dan Dandim 0829/bangkalan saat mencoba mesin tanam padi
Kepala Dinas Pertanian dan Dandim 0829/bangkalan saat mencoba mesin tanam padi

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Untuk mempercepat waktu tanam, Petani di kabupaten Bangkalan dibantu Rice Transplanter atau mesin tanam padi oleh pemerintah pusat. “Mesin tanm padiini fungsinya untuk mempercepat waktu tanam, dankami memperolehbantuan 25 unit mesin tanam, kalau nanya berapa harganya per-unit, kami tidaktahu karena kami menerima bantuan ini tidak dalam bentuk uang,” kata  Kadis Pertanian dan Peternakan kabupaten Bangkalan, Abd Razak saat menyerahkan bantuan mein tanam padi di Makodim 0829 Bangkalan, Selasa (24/11/2015).

Dikatakan Abd Razak, rencananya  bantuan mesin tanam padi sebanyak 25 unit dari pemerintah itu akan didistribusikan ke semua kecamatan yang ada di kabupaten Bangkalan. “Semua kecamatan dapat 1 unit mesin ini kami lakukan untuk pemerataan. Sedangkan sisanya yang 7 unit akan diberikan kepada daerah yang memiliki areal sawah irigasi,” jelasnya

Lebih lanjut Abd Razak menjelaskan, dengan adanya bantuan mesin tanam padi ini diharapkan bisa mempercepat musim tanam dan meningkatkan produksi padi.   “Harapan kami bisa meningkatkan produksi padi juga mempercepat waktu tanam. Biasanya kalau 1 hektar dengan 10 orang yang menana dikerjakan selama 2 hari dengan mesin ini  1 hektar bisa dikejakan 1 hari,” katanya.

Sementara itu Dandim 0829 bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, menyatakan, posisi Kodim dalam masalah pertanian ini adalah pendampingan. “Posisi kami pendampingan swasembada pangan yang di canangkan oleh pemerintah pusat. Dalam hal pendampingan ini kami mendampingi dan mengawasi,” kata Sunardi Istanto.

Dikatakan dia, jadi apabila ada anggota kodim, koramil dan Babinsa melakukan pengawasan dilapangan adalah wajar, karena TNI dituntut untuk memberikan laporamn terkait aktifitas pertanian. “Kami dituntut untuk memberikan laporan, sebab adanya bantuan ini akani berimplikasi ke bantuan berikutnya, pemerintah  akan mengevaluasi kepada bantuan-bantuan itu, makanya kalau bantuan yang bapak-bapak terima ini dimanfaatkan dengan baik, bapak-bapak akan menerima bantuan berikutnya,” kata Sunardi Istanto.

Orangnomer satu dijajaran Kodim 0829 bangkalan itu mengharpkan, agar para petani dan kelompok tani yang menerima bantaun mesin tanam padi itu betul-betul memanfaatkan bantuan dari Pemerintah tersebut. “Mari kita buktikan bantuanini untuk peningkatan produksi petani. Gunakan bantuan ini semaksimal mungkin, jangan sampai diberikan bantuan alat, malah menambah masalah,” pungkasnya.(hib/shb)