Serius Wujudkan Propinsi Madura, Panitia Nasional Buka Kantor Sekretariat P3M

Para Kiai Bangkalan saat slametan kantor Sekretariat P3M

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Sudah hampir 15 tahun lebih wacana pembentukan Propinsi Madura ini mengelinding, dan wacana ini timbul tenggelam. Kini wacana Pembentukan Propinsi Madura ini kembali digelorakan, bahkan Panitia Pembetukan Propinsi Madura (P3M) membuka kantor Sekretariat. “Harapannya dengan adanya Kantor Sekretariat ini ada tempat permanen, sebagai tempat untuk berdiskusi masyarakat Madura mulai dari ujung timur (Sumenep) hingga ke ujung Barat (bangkalan),” kata Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan  Provinsi Madura, H Achmad Zaini disela-sela acara Selametan kantor Sekretariat Panitia Nasional  Persiapan Pembentukan  Provinsi Madura di Jalan R.P HM Noer KM 5 Akses Suramadu sisi Madura di desa Sendang laok kecamatan Labang kabupaten Bangkalan, Ahad (29/11/2020).

Dikatakan dia, dengan adanya kantor sekretariat ini, Persiapan Pembentukan  Provinsi Madura bisa cepat terealisasi. “Kita harus mengejar ketertinggalan,  kita sudah tertinggal selama 75 tahun lebih, kalau kita melihat dari propinsi=propin yang sebelumnya  jadi negara. Jadi itu (ketertinggalan) harus dikejar, harus didapat,” jelas Zaini sapaan akrabnya Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan  Provinsi Madura.

Dijelaskan Zaini, saat ini panitia Nasional Persiapan Pembentukan  Provinsi Madura telah melakukan terobosan-terobosan untuk mempercepat terealisasinya Propinsi Madura. “Kita sudah melakukan persiapan persiapan,,seperti  untuk pemekaran wilayah, yaitu kabupaten Pamekasan, sudah ada persetujuan dari DPR, dan sebentar lagi DPR akan melakukan pemekaran itu,” terangnya.

Terobosan lainnya kata Zaini, Panitian nasional sudah melakukan lobi-lobi di pemerintah pusat. “Terobosan terobosan lainnya, kita sudah melakukan pendekatan dengan pemimpin di pusat, seperti pak Nyala (La Nyala Mattaliti) ketua DPD RI, nanti pak Nyala akan bantu mengkomunukasikan kepada Ketua DPR RI, ketua MPR RI, dan pak Nyala  menjanjikan akan berupaya maksimal untuk mewujudkan percepatan itu,” tuturnya.

Sementara itu Ulama Bangkalan, KH Nuruddin A Rahman, mengharapkan adanya kantor Sekretariat bisa menyamakan presepsi masyarakat Madura. “Dengan kantor ini bisa menyatukan semua pemikiran masyrakat Madura mulai dari Sumenep,pamekasan, Sampang dan Bangkalan    untuk aspirasi- aspirasi itu bisa dikumpulkan disini,” jelas Nuruddin .


Ditambahkan Nuruddin, saat semua elemen masyarakat di Madura berupaya agar supaya propinsi Madura ini bisa segera terwujud. “Sejauh ini upaya tokoh di Madura, dari berbagai lapiisan masyarakat yang ada di Madura, mulai para ulama, politisi, generasi muda, pengusaha-dan kalangan akademisi sepakat semuanya untuk segera mewujudkan Propinsi Madura,” kata Nuruddin.

Apabila usaha itu harus memenuhi syarat 5 kabupaten/kota kata Nuruddin, maka Madura Jadi propinsi akan jauh dan lambat sekali. “Sekarang kita akan mencari jalan alternatif, barangkali itu bisa ditempuh dengan cara-cara yang lebih cepat yaitu, melalui kawan-kawan yang ada di pemerintah pusat, baik yang di pemerintahan maupun yang ada di politisi semua kita usahakan, akan menyatukan semua pendapat untuk diajukan ke pemerintah,” pungkasnya. (hib/shb)