HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Nge-Share dan Nge-Like Di Medsos 4 ASN Pemkab Bangkalan Dapat Teguran Dari Bawaslu

Ketua Bawaslu Bangkalan Achmad Mustain Saleh bersama komisoner KPU Bangkalan

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Pengawasan terhadap netralitas ASN, TNI dan Polri sudah dilakukan oleh Bawaslu kabupaten Bangkalan. Dalam pengawasan media sosial yang dilakukan Bawaslu Bangkalan, 4 orang ASN lingkungan pemkab Bangkalan mendapat teguran dari Bawaslu karena men-share, nge-like terhadap caleg dan Capres dan Cawapres. “4 ASN yang dapat teguran ada ASN yang berdinas di Bapenda, Dinkes, Kominfo dan guru agama mereka nge-share bahkan mendukung paslon capres dan cawapres, ” kata Ketua Bawaslu Bangkalan, Achmad Mustain Saleh, di sela sela acara Media Gathering publikasi dan dokumentasi pengawasan Tahapan Logistik dan tahapan kampanye Pemilu 2024 di kabupaten Bangkalan, Kantor Bawaslu Bangkalan, Kamis (23/11/2023)

Dikatakan dia, setelah diberi teguran ASN yang bersangkutan menyadari kesalahannya kemudian mereka men take down komen, like- yang ada di media sosial-nya. “Alhamdulillah  semua menyadari untuk menghapusnya,” jelas Mustain sapaan akrabnya Ketua Bawaslu.

Dijelaskan Mustain, Bawaslu Bangkalan fokus melakukan patroli pengawasan di dua kanal di medsos dan di lapangan. “Kita banyak menyusuri di medsos yang resmi, di IG, FB dan Twitter yang teman teman Pengawas sampai ke bawah berteman, kalau nanti ditemukan baik di medsos maupun di WA yang menjurus ke Like Komen dan share, langkah pertama kita adalah pencegahan, kita men-japri mereka bahwa itu melanggar, ” terangnya.

Namun kata Mustain, ketika langkah pencegahan dan teguran tidak di indahkan maka pihaknya akan melanjutkan ke proses penanganan pelanggaran. “Kalau mereka mau menghapus Is ok, tapi tetap kita masukkan ke form pengawasan kita, kalau tidak mau ya kita lanjutkan ke proses penanganan pelanggaran, ” tuturnya.

Selain memberikan teguran kepada 4 orang ASN, Bawaslu Bangkalan juga menegur 2 orang Kepala desa di kecamatan Konang yang mau memasang Baliho dukungan kepada Caleg  ” Ada dua kades di Konang yang mendukung 1 caleg du dapil 3, dia mau menaikkan Baliho dan sempat di ketahui panwascam kita, akhirnya Baliho ngak jadi dinaikkan, ” pungkas Mustain. (min/shb)