PENDIDIKANPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Agar Supaya Optimal, Panwascam Burneh Jadikan Dua Sesi Bimtek Ratusan PTPS

Ketua Panwascam Burneh saat menyampaikan materi Bimtek

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Agar supaya lebih optimal  dan maksimal dalam pemberian materi, Panwascam Burneh kabupaten membagi menjadi dua sesi pelaksanaan Bimtek kepada ratusan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). “Jumlah PTPS se Kecamatan Burneh 181 orang, dalam bintek ini kita jadikan 2 sesi. Sesi pertama 93 dan sesi kedua 88 orang, ” kata  Ketua Panwascam Burneh, Abd Karim, disela sela pelaksanaan Bimtek Anggota PTPS di Aula Kantor Kecamatan Burneh, Sabtu (03/02/2024)

Dikatakan dia, dijadikannya dua sesi pelaksanaan Bintek PTPS itu  agar supaya dalam pemberian materi lebih optimal dan maksimal. “Materi yang kita berikan dalam bimtek ini masalah pengawasan. Jadi pengawasan di TPS itu dimulai pada hari tenang,  hari H pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan perolehan suara, sampai pada pengembalian kotak suara, ” jelas Karim sapaan akrabnya Ketua Panwascam Burneh ini.

Pada kesempatan itu, Ketua Panwascam Burneh menegaskan agar PTPS kecamatan Burneh bekerja semaksimal mungkin, bekerja secara profesional dan sesuai perundangan undangan yang ada. “Tadi saya  tekankan agar teman teman PTPS bekerja secara profesional, ” terangnya.

Ditambahkan Karim, apabila PTPS dalam melakukan pengawasan dan menemukan pelanggaran akan tetapi  tidak ada bukti, tapi ada masyarakat yang melapor maka pihaknya tidak akan bertanggung jawab. “Kalau ada kasus sepert itu, maka hal itu menjadi tanggung jawab teman teman PTPS sendiri, ” tuturnya.

Akan tetapi  kata Karim, apabila anggota PTPS mempunyai bukti atas pelanggaran itu, maka pihaknya yang akan bertanggung jawab. “Kalau ada bukti saya yang bertanggung jawab dan akan merekom temuan pelanggaran itu, ” katanya.

Ketua Panwascam Burneh, Abd Karim mengharapkan semoga tugas tugas PTPS kecamatan Burneh nanti berjalan lancar. ‘”Harapan kami mudah mudahan semua berjalan lancar, ” pungkasnya. (min/shb)