HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Aplikasi SIDAYASEHATI Solusi Dinsos Bangkalan Validkan Data Maskin

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Dalam waktu dekat ini Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Bangkalan akan menggulirkan aplikasi sistem data dan layanan sejahtera bersama bupati (SIDAYASEHATI). Aplikasi ini adalah solusi Dinsos Bangkalan untuk mem Validkan data masyarakat miskin (Maskin). “Program ini sebenarnya program dari Kemensos dalam pendataan KPM, karena program ini bagus maka kita akan melaksanakan di Bangkalan, ” Kata Kadinsos Bangkalan, Wibagio Suharta, Sabtu (18/09/2021).

Dalam program SIDAYASEHATI ini, nanti Dinsos akan melakukan pendataan kepada semua masyarakat yang kurang mampu dengan cara  rumahnya PKM itu difoto dan di pasangin lebel yang bertuliskan keluarga pra sejahtera penerima Bansos PKH/BNPT kabupaten  Bangkalan. “Jadi disitu (aplikasi Red. ) ada masyarakat di foto rumahnya, orangnya, terus ada dokumen pribadi KK dan KTP, mereka difoto lengkap dengan GPS-nya, jadi foto dan data penerima tidak bisa direkayasa, ” jelas Bagio sapaan akrabnya Kadinsos Bangkalan ini.

Dijelaskan Bagio data yang ada di aplikasi SIDAYASEHATI akan dijadikan sebagai data pembanding dari masyarakat terkait dengan semua bansos dari Kemensos seperti PKH, BNPT pemegang Kartu Indonesia Sehat dan kartu Indonesia pintar. “Dengan aplikasi ini kita mempunyai data pembanding dari masyarakat yang kurang mampu yang ada di kabupaten secara valid dan sesuai di lapangan. Data itu untuk pengakuan bantuan Bansos Kemensos, ” terangnya.

Untuk mensukseskan Aplikasi SIDAYSEHATI  Dinsos Bangkalan telah membuat MoU dengan Dispenduk, Dinas Pendidikan, PU Perkim terkait dengan  RUTILAHU. “Jadi siapapun bisa melihat dalam aplikasi itu. sekarang
Belum melakukan pendataan, Insya Allah pendataan dan Pelebelan Rumah penerima Bantuan akan kita mulai bulan Oktober dengan  melibatkan tenaga pendamping yang ada di Dinsos, ” pungkasnya. (min/shb)