HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Baru 94 Desa di Kabupaten Bangkalan Yang Mencairkan DD dan ADD Tahap Ke 3

Ilustrasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Sampai pertengahan bulan Nopember 2023 ini, baru 94 desa dari 273 di kabupaten Bangkalan yang telah mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). “Sebenarnya untuk pencairan DD dan ADD tahap ke 3 sudah berjalan dan kami sudah menyalurkan DD dan ADD ke 94 desa, ” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Bangkalan, Rudiyanto melalui Plt Kabid Pemerintahan Desa, Hery Lianto, Ahad (19/11/2023)

Sejak bulan Oktober 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bangkalan telah menerima berkas untuk penyaluran DD dan ADD. “Sampai saat ini kami masih tetap menunggu berkas dari desa, ” jelas Erik panggilan akrabnya Plt Kabid Pemdes DPMD kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Erik, jika desa tak kunjung mengajukan berkas pencairan DD dan ADD, maka Dana untuk pembangunan desa tidak bisa dicairkan. “Prosedur pencairan DD dan ADD itu, desa mengajukan berkas ke kami, lalu untuk pencairannya di BPKAD, ” terangnya.

Jadi kata Erik, kendala yang dihadapi DPMD saat ini dalam penyaluran DD dan ADD adalah penyetoran berkas dari pemerintahan desa. “Kendalanya saat ini, kita masih menunggu berkas dari desa, ” tuturnya.

Selain kendala itu  kata Erik, ada beberapa desa yang belum memiliki Kades Difinitif karena baru melaksanakan pilkades serentak tahap ke-3.

Bagi desa yang sudah memiliki Kades Definitif agar supaya DD dan ADD segera cair, maka pihaknya mengharapkan agar segera menyetorkan berkas ke DPMD. “Sesuai dengan peraturan menteri Keuangan DD dan ADD harus tersalurkan semuanya, paling akhir pertengahan bulan Desember. Makanya kita berharap desa yang belum mengajukan berkas, segera mengajukan, ” pungkas Erik. (min/shb)