HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Realisasikan Kurikulum Merdeka Belajar P5, SMP Negeri 3 Burneh Gelar Pesta Demokrasi di Sekolah

Kepala UPTD SMPN 3 Burneh, Holili M. Pdi saat memberikan sambutan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) salah satu program kurikulum Merdeka Belajar, untuk melaksanakan program tersebut, siswa-siswi SMP Negeri 3 Desa Pangolangan kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan langsung praktek menggelar pesta Demokrasi di sekolah yaitu pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 3 Burneh. “Tema yang kita pilih dalam P5 kali ini adalah Suara Demokrasi, jadi siswa langsung praktek dengan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSlS, ” kata Kepala UPTD SMP Negeri 3 Burneh, Holili M. Pdi, Senin (20/11/2023)

Pelaksanaan pesta demokrasi di SMP negeri 3 Burneh sudah dimulai sejak 3 minggu yang lalu, mulai dari pembentukan panitia, pendaftaran calon ketua dan wakil Ketua OSIS hingga pelaksanaan kampanye  “Pelaksanaan kampanye-nya hari Sabtu kemarin, ” jelas Holil sapaan akrabnya Kepala UPTD SMP Negeri 3 Burneh ini.

Semua pelaksana dalam pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil Ketua OSIS tersebut adalah siswa Kelas VII dan kelas VIII. “Didalam mewujudkan proyek ini, siswa kelas VII  dan kelas VIII sebagai panitianya,” terangnya.

Sedangkan para pemilih dalam pemilihan Ketua dan wakil Ketua OSIS adalah semua siswa, para guru dan TU. “Semua siswa mulai Kelas VII hingga kelas IX  totalnya
150 pemilih ditambah guru dan TU sebanyak 25 orang dan ada mahasiswa magang dari UTM  5 orang, ” tutur Holil.

Ditambahkan Holil, dipilihnya tema suara Demokrasi dalam mewujudkan P5 ini untuk membangkitkan semangat demokrasi dikalangan siswa. “Bagaimana siswa siswi kita mampu mewujudkan P5 ini yang harus ditanamkan agar memiliki karakter dan  kepada para guru saya ucapkan terima kasih karena proyek ini berjalan dengan baik, “; katanya.

Dalam P5 ada 6 karakter kata Holil, diantaranya : beriman dan bertaqwa, berahlaq mulia, bernalar kritis, berwawasan global dan gotong royong. “Karakter karakter yang telah diajarkan kepada siswa di sekolah ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari di rumah, termasuk pakai baju  baju adat Marlena bagian dari itu, ” ujarnya.

Pelaksanaan pesta demokrasi di SMPN 3 Burneh berlangsung seperti pemilihan pada umumnya, acara dimulai dengan penyambutan calon ketua dan wakil ketua dengan tarian tradisional,  bilik suara tempat mencoblos dan kotak suara. Pada saat berita ini ditulis pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 3 Burneh masih tengah berlangsung. (min/shb)