HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Cegah Penularan Virus Covid-19 Varian Delta, Sat Binmas Polres Bangkalan Himbau Masyarakat Pakai Masker Dobel

Kasat Binmas Polres Bangkalan, Iptu Suyitno saat memberikan masker kepada PKL

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Operasi yustisi prokes yang gencar dan hampir setiap hari  dilakukan oleh tim satgas penanganan Covid-19 kabupaten Bangkalan menyebabkan masyarakat mulai terbiasa memakai masker pada saat keluar rumah, namun sejak adanya virus Covid-19 varian Delta, Sat Binmas Polres Bangkalan menghimbau masyarakat agar supaya memakai masker dobel. Himbauan itu disampaikan pada saat pelaksanaan operasi yustisi prokes. “Untuk masker dobel ini bagi kami yang awal kita himbau masyarakat memakai masker dulu, karena kadang kadang mengajak masyarakat pakai masker ini kan sulit, ketika sudah memakai masker, baru kita sarankan,  bu kita ini lebih aman lagi, kalau masker sampeyan di dobel, kalau di dobel seandainya pengamanan lebih baik daripada yang tidak dobel,” kata Kasat Binmas Polres Bangkalan, Iptu Suyitno, SH, MH, Sabtu (21/08/2021)

Dari Pantuan maduranewsmedia.com di lapangan, pada setiap pelaksanaan operasi yustisi prokes, ternyata masih ada masyarakat yang melanggar dan yang di jatuhi sanksi karena tidak memakai masker. “Sebenarnya yang melanggar prokes tidak banyak, tidak sampai 10 orang, rata-rata berkisar antara  5 hingga 7 orang yang didenda, tapi rata-rata masyarakat Bangkalan sekarang sudah paham dan sudah banyak yang memakai masker kalau keluar rumah” jelas Yitno sapaan akrabnya Kasat Binmas Polres Bangkalan ini.

Pada setiap pelaksanaan operasi Yustisi prokes, tim Satgas penanganan Covid-19 yang beranggotakan, Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub juga melakukan edukasi dan sosialisasi prokes. “Selama operasi yustisi prokes ya kita juga lakukan pemberian masker, kami selalu menyampaikan kepada masyarakat, karena ini masih pandemi jangan keluar rumah kalau tidak penting, kalau keluar pakai masker, kalau bisa masker dobel untuk memutus mata rantai covid-19,” terangnya.

Selain operasi Yustisi Prokes, Binmas Polres Bangkalan bersama tim penanganan Covid-19 kabupaten melakukan woro-woro dengan mobil Ranger. “Kita sampaikan kepada masyarakat bahwa sekarang ini covid-19 masih ada, dan kita terus menghimbau kepada masyarakat agar tetap melaksanakan prokes dengan 5 M, dan memakai masker dobel untuk mengantisipasi virus varian baru Delta,” katanya.

Sosialisasi dan edukasi prokes kepada masyarakat tidak hanya dilakukan di kota saja, namun juga di desa-desa. “Anggota Babinkamtibmas kalau  di desa selain mengecek pasien yang tengah isoman, mereka juga mengedukasi prokes, karena. yang paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah memakai masker, kita juga masyarakat juga mengajak masyarakat yang belum melaksanakan vaksin,” pungkasnya. (min/shb)