HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Cegah Penyebaran Covid-19 Di Kalangan Santri Pengasuh Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Langsung Lakukan Vaksinasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk memberikan contoh kepada  santri dan masyarakat desa, Pengasuh ponpes Hidayatulloh Al Muhajirin, Dusun Paserean Bawah Desa Buduran, kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan, KH. Linul Qolbih Hamzah langsung melakukan vaksinasi. Pemberian contoh yang dilakukan Kiai Linul itu untuk menyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal. sebab selama ini masyarakat masih banyak yang enggan untuk di vaksin, padahal vaksinasi itu untuk membentuk kekebalan komunal dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sebelum dilaksanakan vaksinasi, pengurus Ponpes Hidayatulloh Al Muhajirin telah memberikan   Sosialisasi dan Edukasi mengenai vaksin kepada santri dan masyarakat yang ada di sekitar Ponpes tersebut. “Ini adalah vaksinasi pertama kalinya,” kata salah seorang Pengurus Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin, Anang Sudarto, Kamis (21/10/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di ponpes Hidayatullah Al Muhajirin itu targetnya 2 ribu orang. “Sampai sekarang sebelum Forkopimda datang sudah mencapai 1.200 orang dari target 2.000 orang. Vaksinasi ini baru yang pertama kita lakukan,” jelas Anang sapaan akrabnya Pengurus Ponpes  Hidayatullah Al Muhajirin yang juga Kepala Sekolah SMK Al Muhajirin ini.

Ditambahkan Anang, vaksinasi yang dilakukan di ponpes Hidayatullah itu adalah bentuk jihad.”Kalau jaman dulu jihadnya melawan penjajah, melawan kebathilan, maka yang kita lakukan sekarang adalah sama. Ketika kita mampu untuk melindungi keluarga, tetangga dan lingkungan kita, maka akan mampu melindungi negara kita. Itu sama halnya dengan jihad. Jihad kita mungkin Jihad seperti ini, tentunya harus ada yang memberikan inisiasi. Alhamdulillah kiai melakukan inisiasi itu dan kegiatan vaksinasi seperti  sekarang ini,” tutur Anang.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron bersukur atas telaksananya vaksinasi di pondok pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin “Alhamdulillah vaksinasi di pondok pesantren Al Muhajirin ini berjalan lancar, aman dan pesertanya luar biasa banyak. Dari target 2.500, ini sudah terdata 1.500 lebih. Insyaallah targetnya tercapai,” kata Ra Latif, sapaan akrabnya Bupati Bangkalan.

Bupati Bangkalan mengharapkan pelaksanaan vaksinansi di Ponpes Hidatullah Al Muhajirain itu diikuti oleh ponpes Lain di kabupaten Bangkalan agar supaya kabupaten Bangkalan segera terbebas dari pandemi Covid-19.  “Mudah-mudahan Vaksinansi ini menjadi contoh dan pondok-pondok yang lain juga siap melaksanakan kegiatan serupa. Tentunya mengajak santri, santriwati dan Wali santrinya untuk vaksin,” pungkasnya. (min/shb)