HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dekatkan Jangkauan Daya Beli Masyarakat, Gubernur Jatim KIP Gelar Pasar Murah Di Desa Dlemer Arosbaya

Gubernur Jatim KIP saat meninjau pasar Murah

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Untuk mendekatkan jangkauan daya beli masyarakat, Gubernur Jawa Timur, Hj  Khofifah Indar Parawansa (KIP) menggelar pasar murah di desa Dlemer kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. “Kita sudah melakukan sejak tanggal 1 September 2023, pasar murah ini terus kita lakukan untuk keterjangkauan daya beli masyarakat, ” kata KIP sapaan akrabnya Gubernur Jatim  usai meninjau pelaksanaan pasar murah di desa Dlemer kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Rabu (24/01/2024)

Dikatakan dia, harga -harga barang yang dijual di pasar murah tersebut harga nya lebih murah dari harga di pasar. “Kalau HET beras Medium harganya Rp  10.900 disini dijula Rp 10.200/5 kg, begitu juga dengan telur harganya jauh dibawah HET, ” jelas KIP.

Gubernur Jatim KIP mengklaim bahwa harga beras Medium paling murah di Jawa Timur. “Dari berbagai evaluasi dan setiap sore saya makan data, di jawa beras medium paling murah di jatim, ” terangnya.

Tetapi kata KIP, untuk Harga Pokok Pemerintah (HPP) gabahnya harganya cukup tinggi, tetapi ketika jadi beras kita paling murah untuk medium di jawa . Artinya nilai tambah tetap dimiliki oleh para petani di jatim, HPP Rp 5.900 tetapi setelah menjadi beras harganya lebih murah dari propinsi lIn di Jawa, ” tuturnya.

Ditambahkan KIP, manajemen pengelolaan HPP ditingkat petani relatif tinggi akan tetapi  setelah diolah menjadi beras ternyata harga beras Medium di Jatim terendah di provinsi yang ada di jawa. “Harapan kita dengan nilai tambah yang diterima oleh para petani ini bisa diterima dengan baik, tetapi konsumen beras tetap bisa menikmati harga yang kira kira paling terjangkau dengan daya beli masyarakat, ” pungkasnya. (min/shb)