HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Dekatkan TNI Dengan Masyarakat Koramil 0829/03 Kamal Gelar Program Pelatihan Fisik dan Psikotest Bagi Pemuda Yang Berminat Masuk TNI

Anggota Koramil Kamal saat memandu latihan fisik

Bangkalan,maduranewsmedia.com  Dalam rangka mengimplementasikan program TNI Manunggal Membagun Desa (TMMD) yang telah di lakukan sejak tahun 2017,  Jajaran Koramil 0829/03/Kamal, memberikan pelatihan fisik dan psikotes kepada para pemuda di Kabupaten Bangkalan yang mempunyai minat menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Anggota Koramil 0829/03/Kamal, M. Zahir. A yang juga merupakan salah seorang pelatih menjelaskan, program ini sengaja digelar untuk semakin mendekatkan antara TNI dengan masyarakat, dan juga untuk membantu para pemuda yang ingin mendaftar sebagai calon anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk membaur dan dekat dengan masyarakat, kami pun berkeinginan dengan adanya program pelatihan ini, para pemuda Bangkalan akan memiliki bekal sebelum menjadi calon anggota TNI,” kata M Zahir A,  Senin (28/06/2021).

Dikatakan M Zahri,  terkait materi yang diberikan dalam pelatihan ini, diantaranya materi fisik yang sangat ditekankan, di samping juga tetap memberikan materi psikotes. Hal ini karena, kondisi fisik dianggap menjadi faktor penentu, sehingga ketika kondisi fisik nya sudah mumpuni, kondisi psikologisnya pun akan mengikuti. “Pelatihan ini lebih difokuskan pada latihan fisik dan pemaksimalan tenaga dari para peserta, namun hal tersebut akan tetap disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing peserta juga,” jelas pria yang juga menjabat sebagai anggota Babinsa Desa Gili Timur ini.

Dijelaskan Zahri, pelatihan fisik dan psikotest yang diberikan Koramil 0829/03  ini bersifat gratis dan tidak ada biaya apapun yang dibebankan kepada para peserta. “Pelatihan ini sifatnya gratis, kami tidak menarik biaya apapun kepada para peserta, hanya saja ketika ingin menjalani tes psikotest, maka peserta dianjurkan untuk iuran, guna mengganti biaya cetak dokumen psikotest,” terangnya Zahir.

Ditambahkan Zahir,  untuk persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon peserta pelatihan hanya dua, yakni tidak sedang cidera dan tidak pernah cidera. sedangkan untuk berapa lama pelatihan dasar fisik dan psikotest ini belum dapat dipastikan, mengingat banyaknya menu latihan dan pelatih yang berkompeten. Kemungkinan juga akan tetap berlanjut di tahun-tahun berikutnya, sebagai agenda rutin Koramil 0829/03 Kecamatan Kamal. “Karena peserta yang ikut pelatihan ini, tidak hanya seputar Kecamatan Kamal saja, melainkan ada dari Kecamatan Socah, Kecamatan Burneh, Kecamatan Tanah Merah, dan beberapa kecamatan lain di Kabupaten Bangkalan,” pungkas Zahir.

Reporter : Ahmad Wahyu Mubarok