HEADLINEOLAH RAGAPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dibawah Kepemimpinan Ketua Umum KONI Bangkalan Moch Fauzan Ja’far Atmosfer Olah Raga Di Bangkalan Mulai Menggeliat

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dunia olah raga di  kabupaten bangkalan yang selama ini suram belakangan ini mulai menampakkan sinarnya setelah sejumlah atlet cabang olah raga (Cabor)  meraih prestasi baik pada event resmi maupun event yang tidak resmi ditingkat propinsi jawa timur. Raihan prestasi para atlet itu tidak lepas dari  upaya yang dilakukan Ketua Umum KONI kabupaten Bangkalan Moch Fauzan Ja’far untuk terus memajukan dunia olah raga di kabupaten dengan sebutan kota Dzikir dan Solawat ini.

Sejak bulan Oktober tahun 2020 setelah mantan Ketua KPU Bangkalan itu terpilih sebagai ketua umum KONI Kabupaten Bangkalan, sejak saat itu, pembinaan olah raga di kabupaten Bangkalan dikelola dengan baik dan serius agar para atlet pada  semua cabor  bisa meraih prestasi pada ajang Porprov Jatim VII tahun 2022 mendatang.

Dalam menuju Porprov VII, Ketua KONI kabupaten Bangkalan, Fauzan Ja’far  membuat program Bangkalan SATOS. Program Bangkalan SATOS ini untuk  memotivasi semangat para atlet di semua cabor agar supaya bisa meraih prestasi. “Bangkalan SATOS ini ada makna filosofisnya, target kita yang saat ini ada pada peringkat  38  bisa naik dan masuk  ke 10 besar dalam porprov VII nanti, pertanyaanya apakah bisa atau tidak ? jawabannya tentu bisa, bisa-nya itu tidak hanya mengatakan bisa saja, tapi harus melalui kajian, dan kita sudah melakukan kajian itu,” kata Fauzan Ja’far, Ahad (05/12/2021).    

Kajian yang dilakukan KONI Bangkalan  yaitu kajian potensi atlet kabupaten Bangkalan dan kajian peta kekuatan lawan. “Kita sudah  mengkaji secara potensi atlet kita dan potensi itu ada, jadi nanti kita bisa lakukan lompatan yang luar biasa pada Porprov VII, karena atlet kita banyak dan berprestasi dan itu belum dikelola secara serius, kedua kita melakukan kajian peta kekuatan lawan dari poprov ke porprov dan itu sudah kita petakan,  makanya dengan peta potensi atlet dan peta kekuatan lawan itu kita optimis bisa naik dari peringkat 38 naik ke 10 besar,” jelas Fauzan sapaan akrabnya Ketua umum KONI Bangkalan ini.

Dijelaskan Fauzan, dalam pelaksanaan Perprov VII Jatim tahun 2022 nanti, untuk bisa naik peringkat dari peringkat 38 ke peringkat 10 besar, point yang harus diraih dari kontingen kabupaten Bangkalan harus 100 point. “Di Porprov  itu medali  ada nilai atau point-nya, medali 4 emas ,2  perak  dan 1 perunggu. nah dengan peta kekuatan lawan dan peta potensi itu sebenarnya ketika kita serius dan kita genjot semua cabor di kabupaten bangkalan kita bisa mencapai point 100. untuk mencapai point itu kita harus mendapatkan 16 perak dan 16 perunggu itu makna filosofisnya dari bangkalan SATOS,” terangnya.

Selain memiliki makna filosofis, program Bangkalan SATOS juga mempunyai makan akronim. “Bangkalan SATOS ini juga ada makna akronimnya. S itu adalah sejahterakan,  A itu Atlet, T itu Taget,  O itu Optimis dan S itu Sukses. jadi untuk mencapai atau  mendapatkan point 100 yang harus kita lakukan, adalah bagaimana atlet itu harus sejahtera, apresiasi terhadap atlet,  perhatian kita curahkan secara penuh, kalau atletnya sejahtera perhatian terhadap    atlet luar biasa, maka  insya Allah semangat dari atlet dan semua komponen yang terlibat baik pelatih dan official itu akan luar biasa,” katanya.

Selain membuat program Bangkalan SATOS, Setelah terpilih sebagai ketua Umum KONI kabupaten Bangkalan, Fauzan Ja;far yang juga Alumni UINSA Surabaya ini juga mencanangkan  pemusatan latihan tingkat kabupaten (Puslatkab) jangka panjang. “Pembinaan olah raga di kabupaten Bangkalan sudah kita kelola dengan baik dan serius kita sudah mencanangkan Puslatkab jangka panjang, karena ketika berbicara prestasi di olahraga maka pertama yang harus kita benahi adalah pembinaanya, ketika bicara pembinaan itu berarti harus kita siapkan para atlet disemua cabang olah raga (cabor) mulai dari usia dini. dan ketika pembinaanya kita kelola dengan baik dan serius kemudian harus kita siapkan saluran pembinaan menuju prestasi. dan itu jangka panjang,” ujar Fauzan.

Dikatakan Fauzan, pembinaan yang dilakukan oleh KONI kabupaten Bangkalan  sebagai induk dari semua cabor itu ukurannya untuk dapat melihat apakah sesuai dengan tata kelola yang baik dan serius ada parameternya.. “Ukurannya sangat sederhana, ketika KONI kabupaten mengikuti pekan olah raga tingkat propinsi  dimana itu event resmi tingkat propinsi  yang harus diikuti oleh KONI kabupaten dan kota itu sebagai goal akhir dari  proses pembinaan yang ada di daerah. ya ukurannya sederhana itu, kira kira kabupaten kota  disemua cabor yang dipertandingkan bisa mendapatkan medali dan prestasi atau tidak.  karena event resmi tingkat propinsi (porprov)  itu memang dilaksanakan oleh induk organisasi  KONI Jawa Timur. dan event itu sebagai standarisasi sederhana apakah kabupaten kota itu pembinaanya benar atau tidak    ketika berprestasi di porprov  itu ukurannya kita nanti bisa berada ditingkat nomor  berapa dari 38 kabupaten dan kota yang ada di Jatim,” paparnya.

Ditambahkan Fauzan, geliat itu  saat ini sudah mulai tampak, semangat juga mulai tampak baik atlet pelatih oficial yang terlibat termasuk para pengurus cabor. “Banyak event yang kita ikut baik event resmi maupun yang tidak resmi ditingkat propinsi. banyak cabor kita yang sudah mulai menghasilkan prestasi dan event event itu penting bagi atlet dan semuanya, karena jam terbang bertanding harus ada, cabor kita yang berprestasi itu antara lain sepak Takraw juara 1, tennis meja juara 2 di kejurprov, kita juga punya atlet Catur  yang meraih medali emas di Kejurnas, ada cabor panahan,  ada bulu tangkis, masih banyak cabor yang lain. Insya Allah intinya target kita naik ke 10 besar tercapai. dan saat ini sudah ada  25 hingga 26  cabor di puslatkab, Memang  ada cabor yang kita tidak ikutkan di puslatkab jangka panjang karena pertama targetnya tidak jelas,” katanya.

Apa yang dilakukan Ketua Umum KONI kabupaten Bangkalan Fauzan Ja’far tidak sia, sia, karena mantan Komisiner KPU Kabupaten Bangkalan 3 periode ini menerima anugrah tokoh Madura berjasa sebagai penggerak olah raga dalam ajang Madura Award 2021.

Didalam memberikan semangat dan motivasi kepada atlet-atlet di semua Cabor Ketua KONI Kabupaten bangkalan selalu memberikan apresiasi kepada atlet yang berprestasi melalui akun Medos-nya yaitu akun Moch Fauzan Ja’far.  seperti inilah apresiasai dan perhatian yang diberikan kepada para atlet yang berprestasi : 

# Semangat Erika, Perunggu sudah bagus dan harus bisa jadi pelecut untuk meningkatkan kualitas diri dengan latihan dan disiplin yang  hebat. tidak ada prestasi tanpa perjuangan dan tidak ada perjuangan yang mudah dengan hasil yang gemilang, apalagi dengan target- target yang tinggi, pupuk terus semangatnya, jombang terbuka menjadi gerbang menuju prestasi yang lebih bergengsi lagi nanti. Selamat menjadi juara yang lebih  hebat di Pekan Olahraga Provinsi VII tahun depan ya #

# Selamat untuk Atikah, Atlet Tenis Meja Bangkalan yang telah berhasil membawa pulang Tropi Juara 2 di Ajang Kejurprov Tenis Meja 2021. Perjuangan masih panjang dan harus di siapkan lebih matang, latihan harus di tingkatkan lagi dengan harapan bisa mencapai level maksimal. SEMANGAT TENIS MEJA BANGKALAN #

# Selamat buat Tim Sepak Takraw Bangkalan, jerih payah kalian luar biasa dan hasilnya juga sangat spektakuler, Jaga ritme latihannya, tingkatkan kedisiplinan dan semangat pertandingnya, insyaallah masa depan kalian sebagai atlet nant akan sangat cerah #

# Kejurnas Catur Yunior V 2021 Selamat buat Tim Sepak Takraw Bangkalan, jerih payah kalian luar biasa dan hasilnya juga sangat spektakuler, Jaga ritme latihannya, tingkatkan kedisiplinan dan semangat bertandingnya, insyaallah masa depan kalian sebagai atlet nant akan sangat cerah #

# Selamat kepada para Atlet PETANQUE BANGKALAN, Cabang Olahraga baru yang sudah bisa bicara dan menunjukkan taringnya di Ajang KEJURPROV Jawa Timur dengan membawa pulang 2 perunggu.  Selamat dan Terus lanjutkan dengan latihan intens, disiplin kuat dan semangat yang harus terus di upgrade hingga ke level Sempurna.  Kadang, umur memang tidak menentukan kualitas, itulah yang saat ini menjadi spirit Cabang Olahraga Patanque, umurnya boleh seumur jagung (karena Patanque memang cabang Olahraga yang baru saja dibentuk), tapi karena ketekunan dan disiplinnya dalam berlatih, kualitas mereka saat ini sudah mulai kelihatan #

# Selamat kepada Atlet Panahan Bangkalan atas Raihan medali perunggu, Kerja keras, disiplin latihan Atlet Panahan sudah beberapa kali menunjukkan hasil yang baik dengan membawa pulang medali, tingkatkan dan semangat menuju Porprov VII Tahun depan.

Sekali lagi, selamat kepada kepada para Pejuang Olahraga

Description: 🥉a.n. Annisa Nouvarianti QA, Individual Puteri U-15 dalam Kejuaraan Nasional Panahan KASAL Cup 2021

Description: 🥉a.n Annisa Nouvarianti QA, Nyimas Ella FIRDAUSI, Saphira Rizqi Handayani.. beregu Puteri U-15 dalam Kejuaraan Nasional Panahan KASAL Cup 2021Description: 💪Description: 💪Description: 💪Description: 🏹Description: 🏹Description: 🏹Description: 🇮🇩Description: 🇮🇩Description: 🇮🇩

Kalian Luar biasa “ #

# Selamat kepada Atlet Renang Bangkalan,

Sekali lagi kita bisa menunjukkan hasil positif di event regional Jawa Timur, semangat Puslatkab Menuju Porprov 2022 akan semakin menggelora

Sambung doanya semoga semangat juara juga akan terus mengalir kepada seluruh Atlet-atlet kita di Bangkalan #FJ

Hasil Kejurda Renang Perairan Terbuka (OWS) Jatim 2021:

1. Wempy Wijaya (peringkat ke-3/perunggu nomor 2.000 meter putra).

2. Hauqalah Falakhal Arvyello (peringkat ke-6 2.000 meter pa).

3. Ach Ivan Khadavi P (peringkat ke-6 1.000 meter putra).#

# Semangatnya harus selalu meningkat, karena menjaga tradisi medali memang sangat tidak mudah, para Atlet kompetitor dari Kota dan Kabupaten Lainnya telah menaikkan porsi dan disiplin latihannya dengan sangat ketat, sehingga PORPROV VII 2022 akan sangat kompetitif untuk Cabang Olahraga Pencak Silat.

Semoga Kita selalu diberikan kekuatan untuk trus meningkatkan kualitas semangat dan latihan kita menghadapi event besar tersebut # (adv/min)