HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pentas Tunggal UKMF Kesenian ABStra UTM Menggali Potensi Seni Tanpa Sensasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Kesenian ABStra Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar Pentas Tunggal. Pangelaran pentas seni yang merupakan agenda tahunan itu digelar secara  offline dan online melalui live Instagram (IG) dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) di lapangan futsal Maduraksa Sabtu (04/12/2021) malam.

Ketua pelaksana, Frisca Amelia Sandi menjelaskan, bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk anggota baru agar supaya dapat mengasah kemampuan dan bakat melalui acara Pentas Tunggal. “Kami berharap seluruh anggota baru dapat menjadi penerus dalam UKMF Kesenian ABStra yang bisa diandalkan didalam maupun diluar kampus dengan segala bentuk apresiasi dan bakatnya terhadap nama UKMF Kesenian ABStra maupun atas nama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya,” kata Frisca Amelia Sandi.

Dikatakan dia, setiap tahunnya tema yang di bawakan selalu berbeda, kali ini pentas yang diadakan mengangkat tema PRAMUWATI (Pentas ABStra Muda Unjuk Jiwa Talenta Berseni). Pramuwati sendiri adalah salah satu tokoh pewayangan anak dari Nakula dan adik dari pramusinta yang memiliki sifat pemberani, jujur, setia, taat, belas kasih, dan selalu memegang teguh keperwiraannya.  

Acara Pentas Seni semakin semarak dengan hadirnya sosok Si Mbah Ciung sebagai pendongeng yang menjadi jembatan bagi penampilan yang digelar mulai dari tari tradisional, tari modern, pantomim, musikalisasi puisi dan pertunjukan teater. Semua penampilan memiliki ceritanya masing-masing..

Pada Saat mendogeng, Si Mbah Ciung mrnyampaikan pesan moral. “pertama sebagai generasi muda sudah sepatutnya menjaga alam sekitar, kedua harus mengetahui dan memahami orang yang kalian cintai karena itu bumerang untuk diri sendiri, ketiga jangan sampai rasa takut mengalahkanmu, keempat selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, dan terakhir ambillah keputusan untuk menikah jika sudah siap karena banyak yang harus dipersiapkan seperti mental, hati dan finansial,” pesan Si Mbah.

Salah seorang mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura, Sri Yuliayani S mengatakan, acara yang diadakan oleh UKMF Kesenian ABStra sangat menarik begitu juga penampilan dengan suara yang jelas menambah suasana untuk lebih fokus dan menikmati lebih. “Acara ini menarik dan memuaskan, penampilan yang ditampilkan sangat menghibur serta pemeran menjiwai peran tokoh masing-masing. Pelayanan tamu juga sangat ramah.” terangnya.

Acara pentas seni Tunggal yang digelar UKMF Kesenian ABStra itu di hadiri oleh 152 penonton untuk menyaksikan langsung ditempat dan juga ada penonton yang menyaksikan secara online melalui IG Live yang telah disediakan. (sna/shb)