HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Dispusip Bangkalan Akan Bangun Gedung Perpustakaan Senilai Rp 10 Milyar

Kadispusip Bangkalan, Moch Musleh

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bangkalan berencana akan membangun gedung perpustakaan yang akan menelan biaya Rp 10 Milyar  Rencana pembangunan gedung perpustakaan itu telah dibahas bersama tim dari Bappeda, BPKAD, Dinas PRKP dan Lurah Bancaran pada hari Selasa (09/05/2023) kemarin. “Ini tadi kita rapat untuk penyusunan Detail Engineering Desaign (DED) untuk rencana pembangunan gedung perpustakaan, ” kata Kepala Dispusip Bangkalan, Moh Musleh usai rapat.

Dikatakan dia, sebenarnya untuk rencana pembangunan gedung perpustakaan ini belum ada anggarannya. “Sebenarnya belum ada anggarannya, kita menyusun DED ini untuk jangka panjang, untuk
Rencananya  gedung Perpustakaan ini akan dibangun di kelurahan Bancaran, ” jelas Musleh sapaan akrabnya Kadispusip Bangkalan ini.

Dijelaskan Musleh, dalam penyusunan DED, gedung perpustakaan ini nanti akan dibangun tiga lantai. “Kalau rancangannya akan dibangun tiga lantai,  untuk tanah nya sudah ada seluas 14,55 M2 hampir 1,5 Hektar, ” terangnya.

Ditambahkan  Musleh, anggaran yang dibutuhkan Untuk pembangunan gedung perpustakaan ini Rp 10 Milyar. “Untuk anggarannya kira kira dibutuhkan Rp  10 Milyar,  Insya Allah akan diajukan tahun jni ke pemerintah pusat, Kalau APBD kita kan terbatas, jadi kita akan mengajukan Dana Alokasi khusus (DAK), harapan kami tahun 2024 sudah ada pembangunan atau dibangun, ” katanya.

Rencana pembangunan gedung perpustakaan ini dilakukan, karena Semua daerah perpustakaan nya berbenah. “Jadi perpustakaan bukan hanya tempat untuk membaca saja,  tapi ada pelibatan kegiatan masyrakat seperti pelatihan,  kemudian hal hal yang berkaitan dengan advokasi,” pungkasnya. (min/shb)