HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jamin Ketersediaan Pakan Ternak Yang Berkualitas Disnak Bangkalan Luncurkan Program Sedekah Hijau Daun

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk menjamin ketersediaan pakan ternak yang berkualitas, Dinas peternakan kabupaten Bangkalan membuat program inovasi yaitu  Sebarkan dengan ikhlas bibit HPT hijaukan bangkalan dengan dedaunan pakan berkualitas (Sedekah Hijau Daun). dalam program sedekah hijau daun  ini Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan memberikan bantuan rumput dan bibitnya yang diberikan kepada peternak sapi dan kambing ini diberikan secara gratis. “Program sedekah hijau ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2020,” kata Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Ahmad Hafid, Ahad (10/10/2021).  

Sejak tahun 2020 sudah ada peternak sapi dan kambing yang tersebar pada 11 desa 9 kecamatan yang telah menerima bantuan sedekah hijau daun ini.   “Data sebaran  sedekah hijau daun ini telah kita distribusikan ke peternak sapi dan kambing di desa Dakiring dan Desa keleyan kecamatan Socah,  desa Gilih Barat dan desa Banyu Ajuh kecamatan kamal, desa Bunajih kecamatan Labang, desa Bandung kecamatan Konang, desa Dumajah kecamatan tanah Merah,  desa Kampak kecamatan Geger, desa Malajah kecamatan Bangkalan desa Arosbaya kecamatan Arosbaya dan desa Burneh kecamatan Burneh. jumlah sebaran bibit HPT tahun 2020 sebanyak 23.500 stek dan  tahun pada 2021  sampai bulan September ada 39. 850 stek,” jelas Hafid sapaan akrabnya Kadis Peternakan kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Hafid, untuk bisa mendaptkan bantuan dalam program sedekah hijua daun ini, peternak  sapi dan kambing bisa mengajukan permohonan bantuan sedekah hijau daun dengan persyaratan menyetor foto copy KTP, foto lahan sebelum dan sesudah ditanam, mengisi formulir,  maksimum pemberian bantuan  500 stek per KTP/pemohon, 5 polybag leguminosa. “Dengan catatan  selama persediaan masih ada karena program ini terbatas,” terangnya.

Ditambahkan Hafid, bantuan rumput dan bibitnya yang diberikan kepada peternak sai dan kambing ini diambilkan dari kebun bibit HPT dinas Peternakan kabupaten Bangkalan yang ada di jalan  raya Keleyan Socah-Kamal. “Semua bantuan rumput dan bibitnya   kita ambil dari kebut Bibit HPT di Socah,” pungkasnya. (min/shb)