HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindag Bakal Gelar Operasi Pasar

Kadisperindag Bangkalan, Puguh Santoso
Kadisperindag Bangkalan, Puguh Santoso

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Untuk menstanbilkan harga barang menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, Dinas Perindustrian dan Peradagangan (Disperindag) kabupaten Bangkalan akan menggelar operasi pasar. “Kalau stok barang aman, namun untuk menstabilkan harga kita gelar operasi pasar ini,” kata Kepala Disperindag Bangkalan, Puguh Santoso, Kamis (10/12).

Dikatakan dia, operasi pasar ini akan digelar di dua titik yaitu di pasar Ki Lemah Duwur (KLD) kelurahan Mlajah dan di Pasar Bancaran Kelurahan Bancaran kecamatan kota Bangkalan. “Operasi pasar ini akan kita mulai tangga 14 Desember hingga 24 Desember atau selama 10 hari,” jelas Puguh.

Lebih lanjut Puguh Santoso menjelaskan, dalam operasi pasar nanti, barang-barang yang akan dijual antara lain, Beras, gula dan minyak Goreng.”Masing-masing barang kita sediakan 2 ton setiap hari selama 10 hari, dan harganya jauh lebih murah dari harga di pasar,” terangnya.

Untuk harga gula kata Puguh, jika dipasar harganya Rp 12 ribu/kg-nya, harga gula di Operasi pasar itu dijual Rp 8 ribu/kg-nya. Minyak goreng kalau di pasar harganya Rp 13 ribu/Kg-nya di di operasi pasar hanya Rp 9 ribu/kg-nya dan beras. Kalau di pasar harga beras  Rp  9 ribu/Kg-nya, harga di operasi pasar dengan kualitas premium dijual Rp 6.700/kg-nya. “Harga-harga barang di operasi pasar memang miring jika dibandingkan dengan harga di pasar, dan memang ini memang tujuan digelarnya operasi pasar ini untuk menstabilkan harga-harga, apalagi menjelang perayaan Natal dan tahun Baru,” katanya.

Karena imbuh Puguh,  menjelang perayaan  Natal dan tahun baru. Ini biasanya dikuti dengan adanya lonjakan harga-harga barang. “Kalau stok barang  masih cukup, namun  untuk menstabilkan harga menjelang Natal dan tahun baru biasanya terjadi lonjakan harga maka kita  lakukan operasi pasar,” pungkasnya. (hib/shb)