HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jelang Pemilu 2024 Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie Himbau ASN Dan Polri Jaga Netralitas

Sosialisasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com–  Menjelang Pemilu 2024,;Pj Bupati Arief M Edie menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Polri harus menjaga netralitas. “ASN  dan Polri harus tetap netral pada pemilu karena tugasnya ASN  bekerja melayani masyarakat, memperbaiki administrasi kantor. Untuk Pemilu sudah ada yang mengurus yaitu KPU dan Bawaslu,” kata Arief  sapaan akrabnya Pj Bupati Bangkalan di sela-sela acara Sosialisasi netralitas ASN dan Polri di gedung pertemuan Ratoh  Ebu, Kamis (16/11/2023).

Dikatakan dia, jika nanti ada ASN yang melanggar seperti mengikuti kampanye, maka pihaknya akan langsung menindak lanjuti. “Kami menghimbau kepada ASN dan PPPK  jangan ikut berkampanye atau lainnya jika ada yang melanggar maka akan di tindak langsung oleh Bawaslu. “Jelasnya.

Dijelaskan Arief, bagi  ASN yang melakukan pelanggaran, maka pihaknya tinggal menunggu Berita acara pemeriksaan (BAP) dari Bawaslu. “Misalnya terjadi penyimpangan dan  Bawaslu merekomendasi BAP, itu semua sudah sesuai peraturan perundang-undangan pemilu dan perundang daerah, dan kami akan mengambil keputusan secepatnya ASN  yang melanggar.” terangnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Jatim A. Warits mengatakan, tugas Bawaslu adalah pengawasan pada partai politik dan ASN.  “Sanksi tidak membuat efek jera kepada ASN, tapi kalo sekarang UU sudah berubah, ASN yang tidak profesional karena berkaitan dengan politik kewenangan, maka Bawaslu aka melakukan pengawasan kepada penyelenggara pemilu, ” pungkasnya. (edi/shb)