HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ketua Bawaslu Bangkalan “ASN itu Tidak Bisa Ikut Campur Urusan Pemilu Cukup Nyoblos di Bilik Pada Hari H Saja”

Ketua Bawaslu Bangkalan saat foto bersama

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Pada Pemilu 2024 nanti Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI dan Polri harus netral. Ketua Bawaslu Bangkalan, Achmad Mustain Saleh menegaskan, ASN harus Netral. “ASN itu tidak Bisa Ikut Campur Urusan Pemilu cukup Nyoblos di Bilik Pada Hari H Saja” kata Tain sapaan akrabnya ketua Bawaslu Bangkalan,
usai acara Sosialisasi netralitas ASN, TNI ddan Polri di gedung pertemuan Ratoh  Ebu, Kamis (16/11/2023).

Ketua Bawaslu Bangkalan dua periode ini meminta agar kejadian pada pemilu 2019 terulang lagi. “Makanya kami minta kejadian ASN yang sampai di BAP pada pemilu 2019 jangan sampai terjadi lagi, ” jelas Tain.

Dijelaskan Tain, pada Pemilu 2019 ada beberapa ASN yang sampai di BAP.
“Kalau yang  namanya  ada di kami itu ada sekitar belasan, tapi yang sampai di BAP itu ada 6 orang ASN, ” terangnya.

Ke 6 orang ASN itu terpaksa di BAP karena terlibat langsung dalam kampanye pada pemilu 2019.”Yang 6 orang itu memang sangat aktif, ada yang jadi MC, ada yang jadi instruktur senam senam kampanye.  Jadi mereka aktif pada saat kampanye sehingga harus kami BAP pada waktu itu, ” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan getol melaksanakan sosialisasi terkait netralitas ASN ini. “Ini sosialisasi awal, dan kita bersepakat akan sering-sering ke kantor-kantor ya kita turun langsung bahkan kalau bisa sampai ke kecamatan-kecamatan untuk menyampaikan bahwa memang  aturannya seperti itu, ” pungkas Tain. (min/shb)