HEADLINEPERISTIWATERKINI

Jelang Romadhan Harga Sejumlah Komoditas Di pasar Tradisional Bangkalan  Mulai Merangkak Naik

Pedagang sembako

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Menjelang bulan suci Ramadhan,Harga Sejumlah komoditas di pasar tradisional di kabupaten bangkalan mulai merangkak naik diantaranya harga cabe rawit dan telur. “Stok bahan kebutuhan rumah tangga menjelang bulan puasa aman, namun ada beberapa komoditas harganya mengalami kenaikan, “kata Kabid Usaha Perdagangan, Dinas Perdagangan kabupaten Bangkalan, Delly Septiana. Senin (13/03/2023).

Harga komoditas kebutuhan rumah tangga yang mengalami kenaikan antara lain:Cabe rawit dari Rp 65 ribu/kg  naik menjadi Rp 70 ribu/Kg,Telur ayam Rp dari 55 ribu/kg naik  Rp 56 ribu/kg. “Harga Bawang Merah malah dari Rp 33 ribu/ turun Rp 30 ribu. Fluktuasi harga menjelang bulan suci ramadhan dan hari raya biasa, tapi stok tetap aman, “jelas Delly sapaan akrabnya Kabid Usaha Perdagangan Disdag Bangkalan ini.

Dijelaskan Delly, menjelang bulan suci Ramadhan pihaknya akan melakukan pemantauan harga di beberapa pasar tradisonal di kabupaten bangkalan. ” Kami akan melakukan antisipasi dan tindakan agar tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan sembako yang menjadi kebutuhan masyarakat, dan kami akan pantau di setiap pasar di wilayah bangkalan selama ramadhan nanti ” terangnya.

Ditambahkan Delly, jika nanti terjadi kelangkaan sembako, pihaknya akan melakukan operasi pasar, “Dimohon kepada para pedagang, kami minta kerja sama agar semua stok bahan pokok aman, Misalnya ada kelangkaan atau harga melambung maka kami akan melakukan operasi pasar, ” tuturnya.

Sementara itu salah seorang pedagang pasar tradisional Ki Lemah Duwur Bangkalan Munawaroh, mengharapkan harga sembako stabil. “Kita berharap ada solusi yang dapat diberikan oleh pihak terkait untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, mengingat hal ini akan berdampak pada pedagang serta konsumen, ” pungkasnya (edi/shb)