HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Jelang UN, Ratusan Bok Soal SMP dan MTs Didistribusikan

kepala Sekolah penyelenggara dan Polisi saat mengangkut Soal UN
kepala Sekolah penyelenggara dan Polisi saat mengangkut Soal UN

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dinas Pendidikan kabupaten bangkalan mulai mendistribusikan sebanyak 444 boks soal Ujian Nasional (UN) SMP dan MTs. Soal-solan UN yang disimpan di Mapolres Bangkalan itu langsung didistrubisikan ke Polsek-polsek yang ada dikabupaten Bangkalan. “Agar Soal-soal ini tetap aman kita distribusikan ke Paolsek, dan hari Senin nanti sebelum UN dimulai sekolah mengambil ke kantor polsek,” kata Kepala Dinas pendidikan kabupaten Bangkalan, Moh Mohni disela-sela pendistribusian soal UN SMP dan MTs di Mapolres Bangkalan, Sabtu (07/05/2016).

Dikatakan Mohni,  sebelum soal tersebut didistribusikan, petugas dari Dinas Pendidikan melakukan pengecekan terhadap semua sola yang akan didistribusikan. “Ya kita pilah pilah dulu soal-sola tersebut menburut sub rayonnya takut ada yang kurang, makanya semua soa; kita cek,” jelas Mohni.

Lebih lanjut Mohni menjelaskan, pengecekan terhadap soal UN itu dilakukan oleh pengawas dan petugas dari Mapolres Bangkalan. “Ya kita bongkar dulu untuk kita cek takut ada yang kurang, kemudian setelah dicek soal-sola ini didistribusikan ke sekolah penyelenggara melalui Mapolses sesuai dengan daftar pesetrta UN yang ada di daftar Nminasi tetap,” terangnya.

Lebih lanjut Mohni menjelaskan, jika nanti dalam pelaksanaan UN terjadi kekurangan soal, makanya bisa meminta kekurang soal itu ke Dinas pendidikan Propinsi. “Ya seumpanya nanti terjadi kekurangan soal kita sudah membuka komunikasi dengan dinas Propinsi dan kita bisa memita kesana, namun kami harp tidak akan terjadi kekurangan soal ini,” tuturnya.

Sementara itu Kasi SMP,SMA dan SMK Disdik bangkalan Risman Iriyanto menjelaskan,  Jumlah box soal  yang distribusikan tersebut sebanyak 444 bok.  Sedangkan jumlah sekolah yang akan mengikuti UN yang akan digelar mulai tanggal 9 Meni hingga 12 Mei itu ada sebanyak 399 lembaga terdiri dari lembaga SMP, Mts dan kejar paket.. ”kalau jumlah siswa SMP 10.673, siswa, MTs 4.720 siswa,” pungkas Risman.(hib/shb).