Karyawan RSIA Hikmah Sawi Bangkalan  Diberi Pelatihan Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan

Salah seorang peserta saat simulasi menggunakan alat pemadam kebakaran

Bangkalan, maduranewsmedia. com – Sebanyak 30 orang karyawan RSIA Hikmah Sawi Bangkalan diberi pelatihan pemadam kebakaran dan penyelamatan. “Ibu dr Hikmah bekerjasama dengan bidang Damkar Satpol PP Bangkalan untuk memberikan pelatihan cara memadamkan api apabila terjadi kebakaran, ” kata Kepala Security RSIA Hikmah Sawi, Ribut Rawit disela -sela acara Pelatihan Pemadam kebakaran dan penyelamatan di RSIA Hikmah Sawi Bangkalan, Sabtu (24/09/2022)

Dikatakan dia, tujuan diadakan kegiatan pelatihan ini untuk memperoleh informasi bagaimana cara memadamkan api yang kecil agar supaya tidak sampai membesar hingga menghanguskan gedung  “Alhamdulillah setelah diberi pelatihan kami jadi tahu caranya, saya ucapkan terima  kasih kepada ibu dr Hikmah yabg telah memfasilitasi kegiatan jni, ” jelas Ribut sapaan akrabnya Kepala Security RSIA Hikmah Sawi ini.

Ribut mengaku kegiatan pelatihan pemadam kebakaran dan penyelamatan tersebut sangat bermanfaat bagi karyawan RSIA Hikmah Sawi. “Ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami yang awalnya tidak tahu cara memadamkan api, cara menggunakan alat pemadam, Alhamdulilah sekarang bisa, dan ilmu ini bermanfaat bagi RSIA Hikmah Sawi dan pemadaman api  ketika terjadi kebakaran di rumah, namun mudah mudahan tidak sampai terjadi kebakaran, ” terangnya.

Petugas Damkar saat memberikan penjelasan

Ditambahkan Ribut, Peserta pelatihan ini semua karyawan RSIA Hikmah Sawi mulai dari tim OKA, Medis, kesehatan, cleaning service dan  securrity  “Jumlah total peserta sekitar 30 orang, ” katanya.

Kasi Pencegahan, Bidang Damkar Satpol PP Bangkalan,Akbar Ayatullah Khumaini menjelaskan, materi yang diberikan kepada peserta pelatihan adalah pencegahan, mengevakuasi korban dan mencari titik api. “Kita juga memberikan penjelasan alat pemadam yang ada di RSIA Hikmah Sawi ini, ” jelas Akbar sapaan akrabnya Kasi Pencegahan Bidang Damkar Satpol PP Bangkalan ini.

Selain itu kata Akbar, dalam pelatihan tersebut juga dilakukan simulasi. “Ada simulasi kejadian dan  praktek dalam melakukan tindakan penyelamatan, ” tuturnya.

Kasi Pencegahan Bidang Damkar Satpol PP Bangkalan ini mengaku senang karena semua peserta bisa mempraktekkan melakukan penyelamatan pada saat terjadi kebakaran. “Alhamdulillah meskipun peserta nya kebanyakan ibu ibu,  tapi semua peserta bisa, ” pungkasnya. (min/shb).