Keterwakilan Perempuan Tak Terpenuhi Bawaslu kabupaten Bangkalan Perpaniang  Pendaftaran Anggota Panwascam

Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Achmad Mustain Saleh

Bangkalan, maduranewsmedia.com-Karena Keterwakilan perempuan sebesar 30 persen belum terpenuhi akhirnya Banwaslu Kabupaten Bangkalan memperpaniang waktu pendaftaran anggota panwascam Pemilu 2024  “Memperpaniang waktu rekruitmen anggota Panwascam ini merupakan komitmen dari Bawaslu bangkalan karena jumlah pendaftar belum memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen,” kata ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan Achmad Mustain Saleh, Jum’at (30/09/2022).

Dikatakan dia, perpanjang pendaftaran anggota Panwascam ini akan dibuka pada tanggal 2 Oktober sampai 8 Oktober 2022.  “Kita mendukung sepenuhnya keterwakilan perempuan pada proses rekruitmen ini, setelah sebelumnya kita telah membuka pendaftaran pada 21 hingga 27 September 2022,”  jelas Mustain sapaan akrabnya Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan ini.
.
Dijelaskan Mustain, pada pendaftaran anggota Panwascam tahap pertama, ada 409 pendaftar yang terdiri dari pendaftar laki laki 333 dan  pendaftar 76 orang  “Kalau di prosentasekan pendaftar perempuan  masih 19 persen, jadi keterwakilan perempuan secara global di kabupaten Bangkalan belum terpenuhi, makanya kita lakukan perpanjangan pendaftaran, ” terangnya.

Untuk pendaftar pada tahap pertama kata Mustain, tahapannya akan dilanjutkan dengan tahap  penelitian kelengkapan berkas. “Pendaftar tahap pertama akan dilanjutkan sesuai juknis dan arahan Bawaslu RI, ” tutur Mustain.

Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan akan terus mengupayakan semua kecamatan ada anggota panwascam dari perempuan. “Sampai saat ini dari 17 kecamatan yang masih kurang keterwakilan perempuan dalam pendaftaran anggota Panwascam  antara lain :  kecamatan Modung,Tanjung bumi, Tanah Merah, Blega, Kokop, Galis, Bangkalan, Geger, Klampis, Kwanyar,Konang,Socah,Labang,Burneh,Kamal,  Sepulu, dan Kecamatan Tragah,” katanya.

Sementara itu, ketua Pokja rektruitmen anggota  Panwascam Bawaslu Bangkalan, Buyung Pambudi  menambahkan bahwa perpanjangan pendaftaran hanya dikhususkan bagi perempuan. “Syaratnya gampang dan mudah seperti sebelumnya cukup surat lamaran, KTP, ijazah dan lainya. Kami mengajak semua sriandi di kabupaten Bangkalan mau mendaftarkan  diri saat perpanjangan dibuka,” pungkas Buyung (edi/shb)