HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Kisah Sukses Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto Dalam Berjuang Sembuh Melawan Covid-19 Dan Menekan Angka Penyebaran Virus

Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto,S.I.K

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Siang itu mendung mengelayuti langit kota Bangkalan, awan hitam itu seakan-akan mengiringi kabar buruk yang diterima oleh Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto S.i.K, dimana setelah 1 bulan bertugas sebagai Kapolres Bangkalan, Pria Kelahiran Bojonegoro Jawa Timur itu menerima kabar bahwa Ia positif terpapar Covid-19. “Sekitar bulan Desember tahun 2020 begitu pindah di bangkalan kurang 1 bulan saya dinyatakan  positif covid-19,” Kata Didik mengawali ceritanya sambil sesekali membenahi masker berlogo polri yang dipakainya.

kabar buruk pada bulan Desember itu tidak membuatnya panik, anggota Polri yang mengawali kariernya sebagai Polisi di Polda Kalteng ini tetap tenang. “Ya begitu menerima kabar bahwa saya positif Covid-19, saya langsung melakukan isolasi mandiri. yang jelas ini  jadi pembelajaran saya,” tuturnya.

Selama menjalani perawatan medis dan isloasi selama 10 hari, waktu berjalan begitu lambat. hari-hari selama menjalani isolasi dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sambil mengikuti arahan dari medis untuk mengkonsumsi obat-obatan agar cepat sembuh dari virus Corona. “Selama isolasi saya gunakan untuk intropeksi  diri dan tetap ikuti apa yang menjadi anjuran medis,” kisahnya.

Bagi lulusan Akpol tahun 1999 ini, terpapar Covid-19 merupakan takdir, sebab selama menjalankan tugas dalam memutus mata rantai Covid-19 sebagai garda terdepan, Dia selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir dan hand sanitezer, namun apa daya dia tetap terpapar dan posistif Covid-19. “Ini sudah takdir,” turur Mantan Kapolres Pacitan JawaTimur ini.

Mantan Kapolsek Tewah daerah  pedalaman di Kalteng ini, bisa tersenyum lebar, setelah menerima hasil swab terakhir yang menyatakan dirinya negatif, “Alhamdulillah hasil swab terakhir saya dinyatakan negatif dan sembuh dari Covid-19.  pesan saya,ketika dinyatakan positif Covid-19  ngak usah panik, ngak perlu gugup kita serahkan kepada sang pencipta, kemudian kita tetap tenang sehingga kalau kita tenang imun tubuh kita mejadi baik dan kita cepat sembuh,” kata Bapak 3 orang anak mantan Kasatlantas Polres Sampit Kalteng ini.   

Terpaparnya virus Corona (Covid-19) yang menimpa Kapolres Bangkalan AKBP didik Hariyanto ini sungguh menjadi pelajaran bagi masyarakat, bahwasanya virus Corona (Covid-19) betul-betul ada. “Ya ini bukti bahwa Covid-19 itu ada, saya sudah terpapar, jadi saya harap kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 masih ada,” tutur Dia.

Tidak Ada Jeda Dalam Menjalankan tugas memutus mata Rantai Penyebaran Covid-19.

Tugas dalam memberantas virus Corona (Covid-19) adalah nomer satu bagi Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto. tak ada waktu jeda dalam menjalankan tugas-nya, lebih pada saat menjelang lebaran serta pasa lebaran idul Fitrih. mengawal kebijakan larang mudik pada lebaran idl Fitrih oleh pemerintah pusat. “ini menjadi kewajiban kita, tugas dan tangung jawab serta amanah, bahwasanya TNI-Polri membac-up apa yang menjadi kewajiban pemerintah daerah termasuk pemerintah pusat bagaimana menekan penyebaran Covid-19, kita harus betul betul bergandengan tangan karena tugas ini tidak bisa kerja masing-masing,” tegasnya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi munculnya kasus baru pasa lebaran idul Fitrih, termasuk larangan mudik. ”Terkait dengan larangan  mudik ini, kita membuat himbauan baik  mengunakan  spanduk, termasuk kita minta tolong kepada tokoh agama termasuk ulama dan tokoh tokoh  masyarakat memberikan himbauan melalui medsos, bahwasanya mereka yang bekerja diluar daerah alangkah baiknya jangan mudik dulu untuk saat ini, kalau mereka sayang dirinya kepada orang tua dan keluarganya karena pandemi Covid-19 masih ada,” tukas Didik

Bagi Didik, tidak ada waktu jeda didalam menjalankan tugas menekan angak penyebaran virus Corona covid-19 di kabupaten Bangkalan. “Ya Kita all out dan Alhamdulillah sekarang kita bisa rasakan bersama di bangkalan saat ini zona kuning , yang terkonfirmasi positif saat ini hanya 17 orang,  jadi kondisi kita semakin baik, namun kita terus gelorakan kepada masayrakat terkait dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker mencuci tangan mengunakan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan,  dan  mengurangi mobilitas,  selain itu  kita terus menggelar operasi yustisi,” ujar anggota Polri yang telah menjalani tugas di berbagai daerah di Indonesia ini

Tak pelak dalam menjalankan tugas memutus penyebaran mata rantai virus Corona (covid-19) ini tak ada waktu untuk keluarga, namun Didik sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini bisa menyiasastinya. “Seminggu sekali saya ketemu dengan keluarga, contohnya kemarin pada hari minggu, kita manfaatkan sambil mengecek pengamanan tempat wisata saya mengajak keluarga, jadi dengan keluarga kita bisa menikmati liburan dan saya juga bisa  memantau anggota melaksanakan pengamanan serta memberikan himbauan kepada pengunjung wisata untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Berjuang untuk sembuh melawan covid-19 sudah dijalani dengan sabar, begitu juga dengan tugas memutus mata rantai penyebaran covid-19 dijalankan dengan tegas, semua itu menjadi pelajaran yang berharga bagi Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyato. (min)