HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Masuk Top Finalis KIPP, Plt Bupati Bangkalan Mohni Memberikan Presentasi DUKATI Secara Daring

Plt Bupati Bangkalan, Drs Mohni saat memberikan presentasi DUKATI

Bangkalan, maduranewsmendia.com- Plt Bupati Bangkalan, Drs H Mohni MM memberikan presentasi tentang Duplikasi keanekaragaman Hayati (DUKATI) sebagai salah satu inovasi kabupaten Bangkalan yang menjadi salah satu Top finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 yang diinisiasi oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Nagara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Presentasi dan wawancara dilakukan secara daring bersama Tim Panel Independen (TPI) di ruang rapat Plt Bupati Bangkalan, Senin (10/07/2023)

Plt Bupati Bangkalan, Drs Mohni MM menjelaskan, inovasi DUKATI ini diharapkan bisa menjadi langkah pelestarian ekosistem melalui peningkatan keberagaman sumber daya hayati yang mendukung konservasi flora di kabupaten Bangkalan.

“Peningkatan keberagaman hayati ini sangat penting, terutama di era massiv-nya pembangunan yang secara tidak langsung dapat merusak ekosistem dan mengakibatkan keberagaman hayati semakin berkurang, ” jelas Mohni sapaan akrabnya Plt Bupati Bangkalan ini.

DUKATI pemkab Bangkalan

Dijelaskan Mohni, untuk implementasi DUKATI sendiri, dilakukan melalui zonasi yang dilaksanakan di kebun bibit taman Bancaran. Zonasi pertama adalah zonasi pembibitan melalui tehnik yang diharapkan mampu memperbanyak varietas dan jumlah tanaman terutama tanaman yang hampir punah. Sedangkan zonasi yang kedua, yakni zonasi yang mengelompokkan tanaman berdasarkan fungsinya dan keanekaragaman nya.

Ditambahkan Mohni, zona terakhir adalah zona adalah zona wisata edukasi yang diharapkan tidak hanya mampu menjadi daya tarik wisata namun juga memberikan pemahaman kepada masyarakat  tentang keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga ekosistem lingkungan.

“Kami berharap inovasi DUKATI ini tidak hanya bisa meraih prestasi di KIPP, namun juga bisa memberikan manfaat kepada kabupaten Bangkalan terutama dalam pengembangan edukasi serta daya tarik wisata. Oleh sebab itu, kedepan kami akan terus melakukan strategi serta pengembangan, ” pungkas Mohni. (min/shb/*)