HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Minggu Depan Disdik Bangkalan Mulai Buka PPDB Jalur Prestasi

Kantor Disdik Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Senin tanggal 26 Juni 2023, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada semua satuan Pendidikan. “Untuk SMP Negeri sesuai dengan juknisnya PPDB jalur prestasi dibuka mulai tanggal 26 hingga 28 Juni dan pengumumannya tanggal 3 Juli, ” Kabid  SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Heru Ali Wardhana, Kamis (22/06/2023).

Dikatakan dia, sebenarnya Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan telah melakukan persiapan PPDB tahun 2023 pada bulan Mei 2023. “Kita sudah melakukan persiapan PPDB tahun 2023 sejak tanggal 29 Mei 2023   yaitu tahap  sosialisasi, ” jelas Heru sapaan akrabnya Kabid SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Heru, pada PPDB tahun 2023 ini, peserta didik baru bisa mendaftar melalui online dan juga offline. “Kalau yang online bisa mendaftar melalui website sekolah masing masing, kalau yang offline nanti waktunya bersamaan, kalau yang tanggal 26 nanti kan PPDB jalur prestasi. untuk jalur prestasi ini 2 SMPN yang sudah melaksanakannya yaitu SMPN-1 dan SMPN-2 Bangkalan, ” terangnya.

Terpisah Kepala UPTD SMPN 2 Bangkalan, M Syafii ketika dikonfirmasi menjelaskan, untuk pagu jalur prestasi sebesar 20 persen. “Ya sekitar 80 siswa untuk jalur prestasi, ” tuturnya.

Ditambahkan Syafii,  prestasi ini banyak macamnya. “Prestasi ini bermacam-macam, prestasi melalui nilai rapot, namnya prestasi akademik, ada prestasi bagi anak anak dari lomba dari mapel yang berjenjang. Ada prestasi non akademik yaitu prestasi yang diperoleh dari lomba lomba bakat olah raga dan bidang seni olah raga, ” pungkasnya.(min/shb)